Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Profil Charles Oliveira, Juara Baru UFC Penerus Takhta Khabib

KOMPAS.com - Charles Oliveira menjadi juara baru kelas ringan Ultimate Fighting Championship (UFC). Gelar ini ia raih setelah menang TKO ronde kedua atas Michael Chandler pada duel UFC 262, Minggu (16/5/2021) siang WIB.

Pertarungan Charles Oliveira vs Michael Chandler menjadi tajuk utama UFC 262 yang digelar di Toyota Center, Houston, Texas, Amerika Serikat.

Oliveira yang sebelum duel berhasil membukukan delapan kemenangan beruntun di UFC mampu menundukkan si pendatang baru Michael Chandler melalui TKO ketika ronde kedua baru berjalan 19 detik.

Kemenangan atas Chandler membuat Charles Oliveira berhak mengangkat sabuk juara kelas ringan (lightweight) UFC.

Petarung asal Negeri Samba, Brasil, itu pun menjadi penguasa sabuk juara kelas ringan UFC yang tak bertuan setelah ditinggal Khabib Nurmagomedov pensiun tahun lalu.

Kini, Charles Oliveira menjadi penerus takhta Khabib sebagai raja kelas ringan.

Selain itu, kemenangan atas Michael Chandler pada UFC 262 membuat Oliveira mengukir kemenangan ke-31 di ajang mixed martial arts (MMA).

Di pentas UFC, Charles Oliveira termasuk nama veteran mengingat ia melakoni debut pada ajang seni beladiri campuran bergengsi itu pada 2010.

Pertarungan debut Oliveira di UFC adalah melawan Darren Elkins pada Agustus 2010. Pada duel tersebut, Oliveira berhasil mengalahkan Elkins lewat kuncian (submission) ronde pertama detik ke-41.

Pada awal 2010, situs web Sherdog.com sempat memasukkan nama Charles Oliveira sebagai salah satu dari 10 petarung asal Brasil yang aksinya wajib ditonton.

Munculnya nama Oliveira dalam daftar tersebut bukannya tanpa alasan. Sebab, sebelum debut di UFC, petarung kelahiran Sao Paulo itu mencatatkan rekor tak terkalahkan di berbagai ajang MMA.

Adapun, Charles Oliveira memulai karier profesional di dunia MMA pada 2008 dengan berlaga di ajang Predador Fight Championship (Predador FC).

Ia lantas berlaga pada berbagai ajang MMA internasional sampai akhirnya dikontrak oleh UFC pada 2010.

Usai menumbangkan Michael Chandler pada UFC 262, Oliveira menungkapkan bahwa ia memiliki motivasi besar untuk menjadi juara.

"Saya layak menang dan saya ingin menunjukkan bahwa saya adalah yang terbaik di kategori ini," ujarnya, dikutip dari MMA Fighting.

"Saya menunjukkan kepada semua orang bahwa saya adalah singa sejati di antara para singa," kata Oliveira menegaskan.

  • Welterweight (2008)
  • Featherweight (2012-2016)
  • Lightweight (2008–2011), (2017–sekarang)

Rekor MMA: 31-8-0 (1 No Contest)

https://www.kompas.com/sports/read/2021/05/16/13200098/profil-charles-oliveira-juara-baru-ufc-penerus-takhta-khabib

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke