Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kembali Dipanggil ke Timnas U19, Ajang Pembuktian Kelana Mahesa

KOMPAS.com - Nama pemain Indonesia keturunan Jerman, Kelana Noah Mahesa, telah diumumkan Shin Tae-yong sebagai salah satu dari 30 personel skuad Garuda Muda untuk pemusatan latihan (TC) di Spanyol, Kamis (24/12/2020).

Ia bergabung bersama ketiga pilar dari klub Eropa lainnya yakni Khairul Imam Zakiri (Gymnastica Cueta, Spanyol), Witan Sulaeman (FK Radnik Surdulica, Serbia), Elkan Baggott (Ipswich Town, Inggris).

Kesempatan ini pun dapat menjadi ajang pembuktian bagi Kelana Mahesa. Pasalnya, pada pemusatan latihan terakhir di Kroasia, ia baru sekali unjuk gigi.

Hal itu datang saat timnas U19 menghadapi Hajduk Split, 20 Oktober 2020.

Pada pertandingan itu, Shin Tae-yong memasang Kelana Noah Mahesa sebagai 11 pemain utama skuad Garuda Muda.

Sayang, pertandingan tersebut tak cukup untuk membuatnya tampil optimal setelah ia tidak mampu memberikan gol ataupun assist. Kelana Mahesa pun digantikan Jack Brown pada menit ke-64.

Kendati demikian, timnas U-19 Indonesia tetap sukses memetik kemenangan 4-0 atas Hajduk Split.

Adapun keempat gol timnas U-19 Indonesia tersebut diciptakan oleh Bagas Kaffa pada menit ke-19, Pratama Arhan (48'penalti), Beckham Putra Nugraga (53'penalti), dan Jack Brown (78').

Setelah TC usai Kelana bersama sang adik, Luah Fynn Jeremy Mahesa, yang juga sempat ikut dalam pemusatan latihan pulang ke Jerman lantaran harus membela klubnya, Bonner SC.

Seiring berjalannya waktu, kini pemain kelahiran 30 Januari 2001 tersebut pun dipercayakan kembali untuk mengikuti pemusatan latihan bersama timnas U19.

Menanggapi pemanggilan Kelana, asisten pelatih timnas U19 Indonesia, Nova Arianto, pun menjelaskan alasan pemanggilan pemain berposisi gelandang bertahan tersebut.

Nova mengungkap bahwa Kelana dipanggil karena memiliki kemampuan dan tim pelatih timnas U-19 Indonesia ingin melihat permainannya lagi dalam TC di Spanyol.

"Ya kalau dipanggil kembali berarti Kelana Mahesa punya kemampuan dan akan dilihat kembali di TC Spanyol ini," kata Nova Arianto dikutip KOMPAS.com dari BolaSport.com, Jumat (25/12/2020).

Kesempatan ini pun menjadi sinyal positif bagi Kelana Mahesa untuk menunjukkan kemampuan yang sebenarnya setalah hanya melakoni satu partai uji coba.

Sementara itu, skuad Garuda Muda akan bertolak ke Spanyol pada 26 Desember 2020.

Pasukan Shin Tae-yong dikabarkan akan menjalani TC hingga 31 Januari mendatang dengan menghadapi tim-tim muda kuat asal Negeri Matador tersebut. (Alif Mardiansyah)

https://www.kompas.com/sports/read/2020/12/25/15183278/kembali-dipanggil-ke-timnas-u19-ajang-pembuktian-kelana-mahesa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke