Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar 60 Talenta Muda Terbaik, Ada Pogba Baru dan Messi Pirang

KOMPAS.com - Media terkemuka asal inggris, Guardian, mengeluarkan daftar terbaru pemain-pemain muda berbakat di dunia sepak bola. Beberapa nama yang mencuat adalah anak Fernando Redondo serta bintang asal China.

Daftar talenta-talenta terbaik di dunia sepak bola ini diberi nama Next Generation. Guardian mengeluarkan daftar pemain-pemain terbaik tersebut setiap tahunnya.

Tahun ini, daftar tersebut berisi pemain-pemain kelahiran 2003.

Nama penyerang muda timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri, sempat masuk daftar ini pada 2017.

Tahun ini, ada beberapa nama menarik yang sempat masuk daftar.

Berikut adalah nama-nama yang menonjol:

Federico Redondo (Argentina, Argentinos Junios, gelandang bertahan):

Anak legenda Real Madrid, Fernando Redondo. Federico menimba ilmu di Argentinos Juniors sejak usia 10 tahun. Musim ini ia mulai berlatih bersama tim utama tetapi sang ayah mengutarakan bahwa sudah ada ketertarikan dari beberapa klub Liga Inggris.

Samuel Iling-Junior (Inggris, Juventus, sayap kiri)

Menjadi salah satu talenta cerah yang bermain di luar Inggris. Iling-Junior menolak Bayaern Muenchen dan Paris Saint-Germain untuk bergabung bersama Juventus. Mantan pemain akademi Chelsea ini merupakan pemain reguler di timnas U17 Inggris.

Jamal Musiala (Inggris, Bayern Muenchen, gelandang serang)

Pemain termuda yang pernah bermain bagi Bayern Muenchen di Bundesliga pada usia 17 tahun dan 115 hari. Ia juga menjadi pencetak gol termuda Bayern saat mereka mengalahkan Schalke 8-0 pada September.

Rayan Cherki (Perancis, Lyon, penyerang)

Sudah menjadi anggota skuad tim utama Lyon sejak berusia 16 tahun Agustus lalu. Menjadi pemain termuda yang pernah merumput bagi OL pada usia 16 tahun dan 43 hari. Juga menjadi pencetak gol termuda sepanjang sejarah klub.

Luca Netz (Jerman, Hertha Berlin, bek/pemain sayap kiri)

Bek kiri yang bisa menjadi pemain sayap ini telah merupakan salah satu talenta terbaik di Bundesliga. Pada 2020 ia memenangi penghargaan perunggu di Medali Fritz Walter, yang diberikan setiap tahunnya untuk para pemain-pemain muda berbakat.

Ilaix Moriba (Guinea, Barcelona, gelandang)

Ilaix Moriba Kourouma menonjol dari angkatannya di La Masia. Tahun lalu, ia menjadi pemain dengan gaji termahal di akademi Barcelona tersebut dengan kalusul pelepasan minimum di angka 100 juta euro. Tipikal permainannya disebut-sebut mirip Paul Pogba.

Takuhiro Nakai (Jepang, Real Madrid, gelandang)

Takuhiro Nakai memiliki skill dribel yang memukau seperti kompatriotnya, Takefusa Kubo. Pada usia 16 tahun, pemain asal Jepang ini menjadi pemain termuda yang dipanggil legenda klub, Raul Gonzalez, untuk bermain di lanjutan UEFA Youth League pada Agustus ini.

Naci Unuvar (Belanda, Ajax Amsterdam, gelandang)

Naci Unuvar pernah mencetak dua gol kemenangan tim U19 Ajax Amsterdam saat melawan Barcelona pada laga yang ditonton langsung oleh Lionel Messi, Frenkie De Jong, dll. Padahal, Unuvar menjadi pemain termuda pada duel uji coba yang bergulir Agustus 2019 tersebut. Ia dibimbing secara khusus oleh Hakim ZIyech sebelum sang pemain pindah ke Chelsea.

Mateja Bacanin (Serbia, Red Star Belgrade, gelandang)

Beberapa orang menjulukinya "Lionel Messi Pirang" dan beberapa lagi membandingkannya dengan bintang klub, Robert Prosinecki. Bacanin merupakan gelandang serang dinamis yang telah menandantangani kontrak profesional sejak berusia 15 tahun.

Apa kata Guardian soal Egy Maulana Vikri pada 2017:

Guardian memuji penampilan Egy setelah ia mencetak 8 gol di Piala AFF U18 2017. Mereka memberikan sorotan kepada "dribling, kecepatan, dan ketenangan sang pemain yang sangat impresif dengan bola." Guardian juga menyinggung soal keberhasilan Egy mendapatkan penghargaan di Toulon Tournament.

https://www.kompas.com/sports/read/2020/10/08/09233608/daftar-60-talenta-muda-terbaik-ada-pogba-baru-dan-messi-pirang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke