Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sesmenpora Sampaikan Dukacita atas Meninggalnya Jakob Oetama

KOMPAS.com - Sesmenpora Gatot S Dewa Broto turut berdukacita atas wafatnya pendiri Kompas Gramedia Group Jakob Oetama.

Kalimat dukacita itu Gatot sampaikan melalui grup WhatsApp Media Kemenpora.

"Kami selaku pribadi maupun sebagai Sesmenpora menyampaikan turut berduka cita atas meninggalnya Bapak Jakob Oetama, pendiri Surat Kabar Kompas," tulis Gatot.

"Almarhum pernah menjabat sebagai Presiden Direktur Kelompok Kompas-Gramedia, Pembina Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia, dan Penasihat Konfederasi Wartawan ASEAN."

"Semoga Almarhum diterima di sisi-Nya, dan diampuni seluruh dosa-dosanya. Semoga keteladanan dan dedikasi beliau yg bersama Bapak Petrus Kanisius Ojong pada 1965 mendirikan Harian Kompas dapat mendorong kehidupan pers dan kami yang selalu menjadi mitra media lebih survive, kreatif dan inovatif menghadapi tantangan media secara global yg kini sangat dinamis," sambungnya.

Jakob Oetama meninggal dunia pada Rabu (9/9/2020) pukul 13.05 WIB di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta, dalam usia 88 tahun.

Beliau tutup usia karena mengalami gangguan multiorgan. Usia sepuh kemudian memperparah kondisi Jakob hingga akhirnya mengembuskan napas terakhir.

Rencananya, Jenazah akan diantarkan menuju tempat peristirahatan terakhir di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada Kamis (10/9/2020).

Jakob Oetama, yang lahir di Borobudur, Magelang, 27 September 1931, mengawali karienya di dunia jurnalistik sebagai redaktur majalah Penabur Jakarta pada 1956.

Pada 1963, bersama rekannya, Petrus Kanisius Ojong (PK Ojong), Jakob mendirikan majalah intisari.

Dua tahun berselang, mereka mendirikan harian Kompas, yang terbit pertama kali pada 28 Juni 1965.

Di kepemimpinannya, Kompas berkembang pesat hingga kini memiliki beberapa anak perusahaan, yang bergerak di bidang media massa, sampai pendidikan.

https://www.kompas.com/sports/read/2020/09/09/20251468/sesmenpora-sampaikan-dukacita-atas-meninggalnya-jakob-oetama

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke