Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cetak 101 Gol bagi Portugal, Cristiano Ronaldo Dekati Rekor Legenda Iran

KOMPAS.com - Cristiano Ronaldo semakin dekat dengan rekor milik legenda Iran, Ali Daei, setelah mencetak golnya yang ke-100 dan 101 bagi timnas Portugal.

Portugal sukses meraih kemenangan meyakinkan 2-0 atas tuan rumah Swedia pada matchday kedua UEFA Nations League Liga A Grup 3 yang dilangsungkan di Stadion Friends Arena, Stockholm, Rabu (9/9/2020) dini hari WIB.

Mega bintang sekaligus kapten Portugal, Cristiano Ronaldo, menjadi bintang pada pertandingan tersebut dengan memborong dua gol.

Gol pertama Ronaldo tercipta pada masa injury time babak pertama. Tendangan bebas khas CR7 tak bisa diamankan kiper Swedia, Robin Olsen.

Itu merupakan gol ke-100 Ronaldo bersama Portugal di pentas internasional.

Penyerang berusia 35 tahun itu pun tercatat sebagai pemain pertama yang mampu membukukan 100 gol bagi sebuah negara Eropa di level internasional.

Tak berhenti sampai di situ, Ronaldo kembali menunjukkan tajinya pada menit ke-72.

Menerima sodoran Joao Felix di dekat kotak penalti Swedia, tembakan melengkung CR7 menjebol gawang Olsen untuk kali kedua.

Tambahan dua gol kontra Swedia membuat Ronaldo kini telah mengoleksi 101 gol dari 165 penampilan bersama timnas Portugal.

Tak hanya menegaskan statusnya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Portugal, koleksi 101 gol Ronaldo juga membuat penyerang milik Juventus itu kian dekat dengan rekor Ali Daei.

Penyerang legendaris Iran itu hingga kini masih tercatat sebagai pencetak gol terbanyak di level internasional untuk kategori sepak bola pria.

Daei yang pernah bermain untuk Bayern Muenchen dan Hertha Berlin mengoleksi 109 gol dari 149 pertandingan bersama timnas Iran.

Ronaldo hanya membutuhkan delapan gol lagi untuk menyamai rekor Daei. Bahkan, CR7 berpeluang melewati rekor tersebut karena hingga kini ia terus menunjukkan ketajamannya.

Ronaldo pun berambisi untuk mengejar rekor milik Daei tersebut.

"Saya sangat bahagia dengan kemenangan ini yang membuat kami tetap berada di jalur benar dan tentu saja ini adalah gol ke-100 dan 101 dengan dua gol indah yang membuat saya bahagia," kata Ronaldo seusai laga Swedia vs Portugal, dikutip dari laman resmi UEFA.

"Saya menginjak 100 gol dan kini mengejar rekor (109 gol internasional milik Ali Daei). Ini langkah demi langkah. Saya tak punya obsesi karena saya percaya rekor-rekor datang secara natural," ucap Ronaldo menegaskan.

https://www.kompas.com/sports/read/2020/09/09/05530848/cetak-101-gol-bagi-portugal-cristiano-ronaldo-dekati-rekor-legenda-iran

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke