Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tyson Fury Vs Anthony Joshua Akan Jadi Laga Termahal Kelima dalam Sejarah Tinju

Pertemuan dua juara dunia ini sangat dinanti-nantikan. Tampaknya, 2021 menjadi momen pertarungan setelah ada konfirmasi dari Tyson Fury yang menyebutkan bahwa pihaknya dan Anthony Joshua sudah mencapai kesepakatan pada Rabu (10/6/2020), untuk menggelar dua pertarungan.

Menurut perkiraan, laga unifikasi ini akan menghasilkan 150 juta poundsterling (sekitar Rp 2,672 triliun). Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari pay-per-view, tiket penonton dan sponsor.

Meskipun demikian, para penggemar tinju di Inggris bakal kecewa karena tidak bisa menyaksikan secara langsung pertarungan tersebut. Pasalnya, duel tersebut berpeluang terjadi di Las Vegas atau Arab Saudi.

Soal fulus yang dihasilkan, Eddie Hearn selaku promotor cukup optimistis setelah melihat apa yang terjadi saat Anthony Joshua melawan Andy Ruiz Jr.

Dalam rematch Joshua vs Andy Ruiz pada Desember tahun lalu, pihaknya memperoleh 30 juta poundsterling (sekitar Rp 534,972 miliar).

Fakta ini yang membuat pertarungan Joshua vs Fury bakal memiliki nilai jual yang jauh lebih tinggi.

Namun, jumlah tersebut (150 juta poundsterling) belum bisa mengalahkan empat laga termahal yang hanya melibatkan Floyd Mayweather.

Dalam pertarungan terakhir Fury saat melawan Deontay Wilder, diyakini penghasilannya mencapai 50 juta poundsterling (sekitar Rp 892,658 miliar). Jumlah tersebut hanya dari pay-per-view di Amerika Serikat.

Dalam sejarah tinju, laga termahal yang pernah terjadi ketika Floyd Mayweather menghadapi Manny Pacquiao pada 2015. Duel di Las Vegas tersebut menghasilkan 678 juta poundsterling (sekitar Rp 12,089 triliun).

Kemudian, Mayweather kembali terlibat dalam pertarungan termahal yang nyaris menyamai angka pada laga melawan Pacquiao.

Itu terjadi saat melawan bintang MMA, Conor McGregor, di mana harga pertarungan tersebut mencapai 662,5 juta poundsterling (sekitar Rp 11,836 triliun).

Dalam duel pada 2017 tersebut, Mayweather yang merupakan mantan peraih gelar juara dunia pada lima divisi berbeda, meraih kemenangan TKO pada ronde ke-10.

Kemudian, dua pertarungan lain yang juga belum bisa dikalahkan dalam hal bayaran, adalah saat Mayweather melawan Oscar De La Hoya dan Canelo Alvarez.

Laga melawan Canelo pada 2013 bernilai 214 juta poundsterling (sekitar Rp 3,815 triliun) dan saat melawan De La Hoya pada 2007, bernilai 187 poundsterling (sekitar Rp 3,334 triliun).

Namun, pertarungan Joshua vs Fury akan mengalahkan dua laga petinju legendaris asal Amerika Serikat, Mike Tyson.

Duel rematch Mike Tyson vs Evander Holyfied pada 1997 menghasilkan 145,7 poundsterling (sekitar Rp 2,600 triliun) dan Mike Tyson vs Lennox Lewis pada 2002 menghasilkan 132,6 poundsterling (sekitar Rp 2,366 triliun).

https://www.kompas.com/sports/read/2020/06/11/07501278/tyson-fury-vs-anthony-joshua-akan-jadi-laga-termahal-kelima-dalam-sejarah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke