Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Soal Kelanjutan Liga 1 2020, PSSI Akan Menunggu hingga Akhir Mei

KOMPAS.com - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyatakan bahwa ia akan menunggu hingga akhir Mei soal kelanjutan kompetisi Shopee Liga 1 2020.

Iriawan mengaku tidak ingin mengambil keputusan secara terburu-buru soal kelanjutan Liga 1 musim ini.

"Menurut saya, pilihan menunggu status darurat bencana ini sampai akhir Mei adalah pilihan yang paling realistis saat ini," kata Iriawan seperti dikutip dari Antara, Sabtu (25/4/2020).

Sebelumnya, sejumlah pihak mengusulkan agar PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) melanjutkan kompetisi Liga 1 2020 dengan syarat tanpa dihadiri penonton.

Salah satu yang mengusulkan opsi tersebut adalah Persib Bandung.

Beberapa hal yang menjadi pertaimbangan Persib mengusulkan Liga 1 musim ini dilanjutkan tanpa penonton adalah agar ada aktivitas klub serta pertanggungjawaban kepada pihak sponsor.

Opsi melanjutkan liga tanpa penonton menjadi pertimbangan di beberapa negara Eropa, seperti Inggris, Italia, Spanyol, dan Perancis.

Sementara itu, untuk kawasan Asia, Korea Selatan dikabarkan bakal melanjutkan liga sepak bola mereka tanpa kehadiran penonton.

Namun, Iriawan menyampaikan bahwa opsi melanjutkan Liga 1 tanpa penonton adalah pilihan yang cukup sulit.

Menurut pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut, fanatisme suporter di Indonesia sangat tinggi. Jadi, dikhawatirkan mereka akan tetap datang ke stadion.

"Saya pikir Indonesia belum akan mencontoh negara-negara lain yang melakukan itu (pertandingan) tertutup," ujar Iriawan.

"Contohnya, pertandingan yang diputuskan digelar tanpa penonton dan sudah disosialisasikan jauh-jauh hari saja masih didatangi ribuan fans," imbuhnya.

"Ada kekhawatiran jika PSSI tetap memutar liga tanpa penonton, para fan tetap akan datang berkerumun, dan itu menyalahi social distancing yang sedang dijalankan pemerintah," jelas Iriawan.

Sebelumnya, PSSI dan PT LIB sudah memutuskan untuk menunda Liga 1 dan Liga 2 selama dua pekan pada 16 Maret 2020.

Kemudian melalui surat keputusan tertanggal 18 Maret 2020, PSSI memutuskan menghentikan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 hingga batas waktu yang belum ditentukan.

https://www.kompas.com/sports/read/2020/04/26/21300098/soal-kelanjutan-liga-1-2020-pssi-akan-menunggu-hingga-akhir-mei

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke