Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Organ Pencernaan Manusia

Kompas.com - 19/10/2022, 08:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Editor

Oleh: Tiara Suci Apriliani, Guru SDN Kudaile 05, Slawi, Kabupaten Tegal

 

KOMPAS.com - Sistem pencernaan manusia dibutuhkan untuk mengolah dan menyerap nutrisi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Makanan yang diserap tubuh akan menghasilkan tenaga. Proses penyerapan ini dilakukan oleh organ pencernaan.

Berikut organ pencernaan manusia:

Rongga mulut

Merupakan organ pencernaan pertama yang dilalui makanan. Dalam mulut, makanan akan mengalami pencernaan secara mekanik dan kimiawi.

Pencernaan mekanik merupakan pencernaan yang dilakukan oleh organ pencernaan. Sementara pencernaan kimiawi dilakukan dengan bantuan enzim pencernaan.

Pencernaan mekanik dilakukan oleh gigi dan lidah. Gigi bertugas menghancurkan makanan sehingga bentuknya lebih halus. Adapun gigi manusia terbagi menjadi 3, yaitu gigi seri, taring, dan geraham.

Baca juga: Organ Sistem Pencernaan Manusia

Gigi seri berada di bagian depan untuk memotong makanan. Gigi taring ada di samping kanan dan kiri, untuk merobek makanan. Sedangkan gigi geraham terletak di belakang, untuk mengunyah makanan.

Lidah juga berperan penting dalam proses pencernaan makanan. Lidah berfungsi sebagai pengecap rasa makanan.

Bagian depan lidah fungsinya sebagai pengecap rasa manis. Lidah belakang untuk mengecap rasa asin dan asam. Sementara bagian pangkal lidah untuk mengecap rasa pahit.

Lidah juga berfungsi untuk menentukan letak makanan yang dapat berpindah dari kanan ke kiri, dan sebagai jalan masuk makanan ke kerongkongan.

Dalam mulut, makanan juga dicerna secara kimiawi. Enzim pencernaan yang berperan pada pencernaan kimiawi, yakni amilase, lipase, dan ptialin.

Kerongkongan

Setelah melalui mulut, makanan akan masuk ke dalam kerongkongan. Adalah saluran yang menghubungkan rongga mulut dengan lambung. Dalam kerongkongan, makanan akan mengalami gerak peristaltik.

Gerak peristaltik adalah gerak meremas dan mendorong makanan hingga masuk ke dalam lambung. Dalam organ ini hanya terjadi pencernaan secara mekanik.

Baca juga: 5 Fungsi Usus Halus sebagai Alat Pencernaan Manusia

Lambung

Dalam lambung, makanan akan dicerna secara mekanik dan kimiawi.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com