Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Lisosom bagi Sel Makhluk Hidup

Kompas.com - 12/09/2022, 10:30 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

 

KOMPAS.com – Sel-sel makhluk hidup dilengkapi oleh berbagai organel dengan fungsi tertentu, salah satunya adalah lisosom. Apakah fungsi lisosom bagi sel?

Fungsi utama lisosom bagi sel makhluk hidup adalah untuk pencernaan intraseluler, daur ulang sel, dan juga menghancurkan patogen penyebab penyakit.

Pencernaan intraseluler

Fungsi lisosom yang pertama adalah sebagai alat pencernaan intraseluler atau pencernaan di dalam sel.

Dilansir dari Biology Dictionary, lisosom memiliki enzim hidrolitik yang memecah molekul kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana melalui hidrolisis.

Baca juga: Jenis Organel Sel Beserta Fungsinya

Adapun, lisosom memiliki sifat yang asam dengan pH sekitar 5. Di mana pH rendah tersebut memungkinkan enzim hidrolitik untuk bekerja secara maksimal.

Contoh molekul kompleks yang dipecah atau dicerna oleh lisosom adalah karbohidrat, lipid, protein, dan juga asam nukleat.

Daur ulang sel

Sel-sel makhluk hidup mati dan diperbaharui setiap harinya. Lisosom berperan besar dalam daur ulang sel tersebut.

Lisosom dapat memecah sel-sel mati pada berbagai jaringan tubuh. Dilansir dari Biology Discussion, membran lisosom sel mati akan pecah sehingga enzim lisosom masuk ke dalam tubuh sel.

Hal tersebut membuat sel mati mengalami autolysis atau tercerna oleh dirinya sendiri. Setelah tercerna, sel mati tersebut akan didaur ulang menjadi sel-sel hidup yang baru.

Baca juga: Tiga Komponen Utama Sel Makhluk Hidup

Menghancurkan patogen

Fungsi lisosom selanjutnya adalah menghancurkan patogen atau zat penyebab penyakit seperti bakteri, kuman, dan juga virus.

Patogen akan ditelan oleh sel seperti makrofag dalam sel darah putih.

Dilansir dari Biology LibreTexts, patogen kemudian akan menyatu dengan lisosom di mana lisosom akan melepaskan enzim hidrolitiknya.

Enzim hidrolitik tersebut kemudian akan menghancurkan berbagai jenis patogen yang berbahaya bagi tubuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com