Kompas.com - 07/08/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com – Ada berbagai gaya yang bekerja pada benda di bumi, salah satu yang paling dasar adalah gaya normal. Apa yang dimaksud dengan gaya normal dan apa rumus gaya normal? Berikut adalah penjelasannya!

Pengertian gaya normal

Dilansir dari The Physics Classroom, gaya normal adalah gaya penopang yang diberikan pada suatu benda yang bersentuhan dengan benda lainnya.

Sederhananya, gaya normal adalah gaya yang bekerja pada benda saat benda tersebut bersentuhan dengan benda lain. 

Misalnya, ketika mengangkat suatu benda yang memiliki massa. Massa membuat benda tertarik ke bawah karena gaya berat yang dipengaruhi oleh gravitasi.

Baca juga: Hukum Kekekalan Massa

Untuk mengangkat benda tersebut, kita harus memberikan gaya ke atas. Gaya ke atas tidak hanya diberikan manusia saat mengangkat benda, namun juga oleh benda tegar saat bersentuhan dengan benda lainnya.

Dilansir dari Physics LibreTexts, apa pun yang menopang suatu beban (benda bermassa) baik hidup atau tidak, harus memberikan gaya yang sama besar dengan gaya tekan beban tersebut.

Misalnya, saat menaruh suatu benda bermassa ke atas meja. Gaya berat benda mengarah ke bawah meja. Namun, meja akan memberikan gaya ke atas yang menahan benda tersebut pada tempatnya.

Besar gaya normal harus sama dengan gaya beratnya. Jika gaya normal lebih kecil, benda akan terdorong ke bawah dan meja rusak.

Baca juga: Gaya Berat: Pengertian dan Rumusnya

Gaya ke atas yang diberikan meja untuk menahan benda inilah yang disebut dengan gaya normal.

Besar gaya normal selalu sama besar namun berbanding terbalik dari gaya dari benda yang bersentuhan dengannya.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.