Jenis Pronouns dan Contohnya

Kompas.com - 22/10/2020, 18:30 WIB
Ilustrasi jenis-jenis pronoun dan contohnya. KOMPAS.com/ARUM SUTRISNI PUTRIIlustrasi jenis-jenis pronoun dan contohnya.

KOMPAS.com – Jenis pronoun adalah subjective pronouns, objective pronouns, possessive adjective pronouns, dan possessive pronounsSimak penjelasan jenis-jenis pronoun dan contohnya berikut ini:

Pernahkah kalian menggunakan kata-kata seperti they, we, he, atau it? Jika ya, maka kalian sudah menerapkan penggunaan pronoun.

Menurut Collins COBUILD Learner’s Pocket Dictionary (2015), a pronoun is a word that you use instead of a noun when you are talking about someone or something

Pronoun adalah kata yang kamu gunakan sebagai pengganti dari noun (kata benda) ketika kamu berbicara tentang seseorang atau sesuatu.

Pronoun digunakan agar kita tidak mengulang-ulang sebuah kata benda. Perhatikan kalimat berikut:

Budi is a student in Nusa High School. He goes to school every day by bike. He rides his bike because his school is not far. (Budi adalah seorang murid di SMA Nusa. DIa pergi ke sekolah dengan sepeda setiap hari. Dia menaiki sepeda karena sekolahnya tidak jauh.)

Pada contoh di atas, pronouns he dan his membuat kata Budi tidak diulang-ulang.

Baca juga: Pronouns: Kata Ganti dalam Bahasa Inggris

Jenis-jenis pronoun dan contohnya

Ada beberapa jenis pronouns, yaitu: subjective pronouns, objective pronouns, possessive adjective pronouns, dan possessive pronouns.

  • Subjective pronouns

Tipe ini merupakan pronouns yang diposisikan sebagai subjek pada suatu kalimat. Biasanya pronouns ini diikuti oleh verb (kata kerja) atau be (is, am, are). Yang termasuk dalam pronouns ini adalah I, You, He, She, It, We, They.

Contoh:

  1. I bring my laptop. / Aku membawa laptopku.
  2. You watched this film with me. / Kamu menonton film ini denganku.
  3. He went to the restaurant. / Dia pergi ke restoran.
  4. She likes this cake. / Dia menyukai kue ini.
  5. It makes you happy. / Itu membuatmu bahagia.
  6. We go to Singapore. / Kita pergi ke Singapura.
  7. They are celebrating New Year. / Mereka merayakan Tahun Baru.

Baca juga: Mine, Yours, Theirs: Possesive Pronouns dalam Bahasa Inggris

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X