Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tujuan Utama adanya Reklame atau Iklan

KOMPAS.com – Reklame atau iklan sudah digunakan manusia sejak abad pertengahan, ketika mesin cetak pertama kali ditemukan. Apa tujuan utama sebuah reklame atau iklan? Tujuan utama reklame adalah menarik perhatian untuk menunjang fungsinya.

Reklame atau iklan bertujuan agar dapat menarik tujuan audiens bergerak atau orang yang sedang dalam perjalanan, untuk berhenti dan melihat isi dari reklame atau iklan. Sehingga, isi dari reklame dapat tersampaikan ke khalayak ramai.

Menurut Monle Lee dan Carla Johnson dalam buku Prinsip-prinsip Pokok periklanan dalam Perspektif Global (2007) iklan memiliki tiga fungsi yaitu fungsi informasi, persuasif, dan pengingat.

Tujuan reklame atau iklan

Maka, tujuan iklan adalah menarik perhatian umum untuk:

Memberikan informasi

Reklame atau iklan dapat bertujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak umum. Informasi yang disampaikan sifatnya merupakan fakta yang tidak dibuat-buat, tidak bersifat membujuk, atau membentuk suatu propaganda.

Contoh reklame yang bertujuan memberikan informasi adalah menginformasikan suatu produk baru, cara kerja suatu produk, membangun citra perusahaan, dan informasi jadwal pembuatan kartu SIM, akta kelahiran, vaksinasi, pameran, perlombaan, dan sebagainya.

Mengajak melakukan sesuatu

Menurut Frank Jefkins dalam buku berjudul Periklanan (1997), iklan merupakan pesan penjualan yang paling persuasif yang diarahkan kepada calon pembeli yang paling potensial atas produk batan atau hasa tertentu.

Sehingga reklame atau ikan memiliki tujuan persuasif atau mengajak orang untuk melakukan sesuatu. Misalnya untuk mendorong calon pembeli untuk membeli suatu barang atau menggunakan suatu jasa.

Reklame atau iklan persuasif sangatlah penting dalam pemasaran karena mendorong naiknya penjualan suatu barang dan jasa.

Selain digunakan untuk pemasaran, reklame dan iklan yang mengajak untuk melakukan sesuatu juga digunakan untuk propaganda.

Contohnya propaganda politik, militer, ajakan menjauhi narkoba, dan juga menghemat listrik, air, serta energi lainnya.

Mengingatkan sesuatu

Tujuan terakhir dari reklame atau iklan adalah mengingatkan khalayak umum untuk melakukan sesuatu yang sebelumnya telah diketahui.

Misalkan mengingatkan batas pembayaran listrik dan air, mengingatkan jadwal pemilihan umum, mengingatkan batas pemesanan suatu produk, mengingatkan kembali suatu produk yang telah dilupakan, dan lain sebagainya.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/11/09/140000969/tujuan-utama-adanya-reklame-atau-iklan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke