Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jenis-Jenis Tema Puisi

KOMPAS.com - Puisi merupakan salah satu bentuk karya sastra yang dibuat untuk menyampaikan pemikiran dan perasaan pembuatnya. Puisi berisikan diksi, irama, rima dan majas yang membuat karya sastra ini semakin indah.

Menurut Putu Sudarma dalam buku Mengupas Puisi (2019), saat membuat puisi, langkah pertama yang harus dilakukan ialah menentukan tema puisi. Karena dengan menentukan tema, penulisan puisi dapat lebih terarah.

Tema puisi adalah gagasan atau ide pokok yang menjadi dasar puisi untuk disampaikan oleh penulis. Dalam buku Konsep Dasar Kesusastraan (2018) karya Rian Damariswara, tema puisi dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Tema ketuhanan atau religius

Tema puisi ini mampu membawa manusia, khususnya pembaca, untuk lebih takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dalam penulisan puisi dengan tema ini, diksi, irama, rima serta majas yang digunakan harus sesuai dengan nilai religius atau ketuhanan. Contohnya puisi 'Doa', oleh Chairil Anwar.

  • Tema kemanusiaan

Tema puisi ini biasanya mengangkat serta menghormati martabat manusia. Karena harkat dan martabat manusia harus senantiasa dijunjung tinggi dan dihormati. Contohnya puisi 'Gadis Peminta-minta', karya Toto Sudarto Bachtiar.

  • Tema patriotisme

Tema puisi ini mengajak pembaca untuk mengenang serta menghargai jasa para pahlawan. Selain itu, puisi tema patriotisme juga mengajak pembaca untuk meneladani sikap kepahlawanan atau patriotisme dari para pejuang. Contohnya puisi 'Kita Adalah Pemilik Sah Republik Ini', oleh Taufik Ismail.

  • Tema percintaan

Tema puisi ini biasanya mengekspresikan kisah percintaan antara pria dan perempuan. Kisah yang dibawakan dalam puisi tema percintaan tidak selalu yang bahagia, karena ada pula yang mengekspresikan rasa cemburu, khawatir, kehilangan dan kerinduan. Contohnya puisi 'Surat Cinta', karya WS Rendra.

  • Tema demokrasi

Tema puisi ini mengandung ungkapan jika rakyat juga memiliki kekuasaan di sebuah negara. Tema ini sering juga disebut tema kerakyatan, karena membahas peranan rakyat dalam sebuah negara. Contohnya puisi 'Rakyat' oleh Hartoyo Andang Jaya. 

https://www.kompas.com/skola/read/2021/06/07/090000569/jenis-jenis-tema-puisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke