Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Seni Instalasi: Pengertian, Sejarah, dan Kategori

Keunikan seni instalasi yang biasa dilihat pada pameran tertentu, menggabungkan beberapa benda dari sekitar lingkungan untuk dibuat karya yang mengagumkan.

Seni instalasi masuk menjadi bagian dari kategori seni rupa kontemporer yang didalamnya memiliki nilai seni tinggi.

Dikutip dari karya berjudul Peran Kekuasaan dalam Seni Rupa Kontemporer (2000) karya Sumartono, seni instalasi merupakan salah satu bagian dari seni rupa kontemporer.

Instalasi adalah karya seni rupa yang diciptakan dengan menggabungkan berbagai media, membentuk kesatuan baru, dan menawarkan makna baru.

Karya instalasi tampil secara bebas, tidak menghiraukan pengotakan cabang-cabang seni rupa. Karya instalasi bisa mengandung kritik, sindiran, atau keprihatinan.

Seni instalasi atau installation (pemasangan) adalah seni yang memasang, menyatukan, dan mengkontruksi sejumlah benda yang dianggap bisa merujuk pada suatu konteks kesadaran makna tertentu.

Biasanya makna dalam persoalan-persoalan sosial, politik dan hal lain yang bersifat kontemporer diangkat dalam konsep seni instalasi.

Seni instalasi dalam konteks visual merupakan perupaan yang menyajikan visual tiga dimensional yang memperhitungkan elemen-elemen ruang, waktu, bahkan suara.

Dilansir dari buku Seni Rupa Penyadaran (1997) karya Moelyono, seni instalasi mendasarkan dirinya pada pengutamaan konsepsi. Hakikat seni instalasi terletak pada landasan konseptualnya.

Biasanya makna dalam persoalan-persoalan sosial-politik dan hal lain yang bersifat kontemporer diangkat dalam konsep seni instalasi ini.

Dari pengertian-pengertian tersebut diatas, kita tahu bahwa seni instalasi dibangun sebagai bentuk ekspresi dengan tujuan tertentu.

Sejarah Seni Instalasi

Dikutip dari buku Art Speak; Guide to Contemporary Ideas, Movements and Buzzwords (1990) karya Robert Atkins, bahwa seni Instalasi di dunia muncul pertama kali pada era aliran Pop Art sekitar 1950-1970-an.

Awal kemunculannya ditandai oleh karya Judy Pfaff dengan membuat taman bawah laut dari ribuan jenis sampah yang membuatnya nampak fantastis dan monumental.

Meskipun telah muncul sejak tahun 1950-an, seni instalasi pertama kali berkembang di Amerika Serikat sekitar tahun 1970-an.

Tokoh-tokoh yang memprakarsarai seni ini antara lain: Daniel Buren, Joseph Beuys (dari Jerman), Daniel Buren (asal Prancis), Robert Irwin dan Hans Haacke.

Kemunculan Seni Instalasi karena adanya perkembangan dari salah satu teknik, yakni Asemblasi atau Assemblage.

Asemblasi merupakan teknik yang memodifikasi dan atau menggabungkan berbagai objek untuk membuat kesatuan baru yang berbentuk seperti patung. Asemblasi sendiri berkembang sejalan dalam perkembangan aliran kubisme.

Perkembangan aliran berikutnya seperti dadaisme, surealisme dan seni konseptual (conseptual art) turut menjadi pemicu lahirnya seni Instalasi, karena masih membawa pecahan mozaik kearifan dari kubisme.

Kategori Seni Instalasi

Dilansir dari buku Understanding Installation Art (203) karya Mark Rosenthal, kategorisasi seni instalasi dibagi menjadi dua. 

Berikut kategori seni instalasi:

  • Instalasi Filled-Space

Instalasi filled-space disebut sebagai instalasi yang mengisi ruang, baik ruang nyata maupun ruang imajiner (alam terbuka).

Ketika instalasi filled-space dipindahkan ke ruang lain bentuk karya tetap sama seperti sebelumnya, dalam artian karya tidak bergantung pada ruangnya.

Hampir mirip seperti karya Seni Patung, namun tetap tidak berdiri sendiri sebagai suatu kesatuan yang tunggal.

  • Instalasi Site-Spesific

Instalasi site-spesific adalah karya instalasi yang bergantung dan beradaptasi dengan ruangnya.

Instalasi kategori tersebut sangatlah kontekstual terhadap ruang, bahkan dapat mengeksplorasi ruang yang tersedia.

Maka, wujud dan makna juga akan ikut berubah ketika karya ditempatkan di ruang yang berbeda, entah itu gedung galeri yang berbeda, ataupun ruang alam terbuka yang berbeda pula.

https://www.kompas.com/skola/read/2020/12/15/161500569/seni-instalasi--pengertian-sejarah-dan-kategori

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke