BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sinar Mas Land

Makin Menguntungkan, Ini Prospek Investasi Properti Komersial pada 2024

Kompas.com - 27/05/2024, 14:35 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Industri properti diprediksi semakin moncer pasca-Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Hal ini terlihat dari sejumlah data.

Hasil Survei Harga Properti Residensial (SHPR) Bank Indonesia menunjukkan bahwa Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) triwulan IV 2023 tumbuh sebesar 1,74 persen secara tahunan.

Sementara itu, penjualan properti residensial di pasar primer pada triwulan IV 2023 mengalami pertumbuhan 3,27 persen secara tahunan. Angka ini meningkat ketimbang triwulan sebelumnya yang mengalami kontraksi sebesar 6,59 persen secara tahunan.

Tak hanya hunian residensial, pasar properti komersial juga tengah bergeliat. Sejumlah indikator dalam Laporan Bank Indonesia bertajuk “Perkembangan Properti Komersial (PPKOM) Triwulan IV 2023” menunjukkan hal tersebut.

Pertama, Indeks Permintaan Properti Komersial untuk kategori sewa pada triwulan IV tumbuh 1,91 persen secara tahunan.

Kedua, Indeks Pasokan Properti Komersial untuk kategori sewa juga tumbuh, yakni 1,30 persen pada triwulan IV 2023. Jumlah ini lebih tinggi ketimbang triwulan III 2023 yang tumbuh 1,03 persen. Pertumbuhan ini didorong peningkatan indeks pasokan pada segmen ritel sewa, apartemen sewa, dan hotel.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Pengantin Baru Saat Memilih Hunian

Ketiga, Indeks Harga Properti Komersial untuk kategori sewa pada triwulan IV 2023 tumbuh 2,03 persen. Keempat, Indeks Permintaan Properti Komersial untuk kategori jual pada triwulan IV tumbuh 0,34 persen secara tahunan.

Pertumbuhan tersebut relatif stabil ketimbang pertumbuhan triwulan sebelumnya yang mencapai 0,39 persen. Hal ini dipengaruhi oleh permintaan segmen pergudangan dan lahan industri yang masih terjaga.

Kelima, Indeks Pasokan Properti Komersial untuk kategori jual melambat dari 0,19 persen pada triwulan sebelumnya menjadi 0,03 persen.

Keenam, Indeks Harga Properti Komersial untuk kategori jual pada triwulan IV 2023 tumbuh 0,64 persen secara tahunan. Jumlah ini lebih tinggi ketimbang kenaikan triwulan sebelumnya sebesar 0,48 persen.

Selain indeks permintaan, pasokan, serta harga properti komersial, kebangkitan sektor properti komersial juga dapat dilihat pada pertumbuhan kredit kepemilikan ruko/rukan pada awal 2024.

Menurut Data Bank Indonesia (BI), kredit kepemilikan ruko atau rukan tumbuh 11,10 persen per Februari 2024. Angka ini meningkat 9,40 persen sejak Desember 2023. Jumlah ini jauh lebih baik ketimbang Februari 2023 saat kredit ruko atau rukan terkontraksi 0,34 persen.

Makin menguntungkan

Peningkatan harga dan permintaan properti serta kredit KPR di berbagai sektor, baik residensial maupun komersial, menunjukkan bahwa investasi ruko masih menjanjikan pada 2024.

Terlebih, jika ruko terletak di lokasi premium, seperti BSD City, Tangerang, Banten; Wisata Bukit Mas, Surabaya, Jawa Timur; serta Delta Mas, Cikarang, Jawa Barat.

Harga ruko di kawasan premium cenderung stabil, meski dalam kondisi ekonomi yang bergejolak. Hal ini dikarenakan permintaan ruko di lokasi premium tetap tinggi lantaran didorong perkembangan kawasan yang pesat dan kebutuhan bisnis.

Stabilitas tersebut memberikan potensi imbal balik yang menguntungkan bagi investor dan keamanan investasi jangka panjang. Tak heran, ruko di lokasi premium diminati dan menjadi eksklusif.

Permintaan pasar yang tinggi membuat ruko di kawasan premium tidak hanya menguntungkan untuk dijual, tapi juga disewakan.

Baca juga: Minat Investasi pada Sektor Apartemen Makin Tinggi, Ini Alasannya

Selain itu, kawasan residensial di sekitar ruko yang terus berkembang menciptakan captive market besar untuk bisnis karena memiliki pasar yang jelas, baik dari penduduk lokal maupun pengunjung di luar kawasan.

Salah satu pengembang properti ternama yang memiliki deretan ruko di lokasi premium adalah Sinar Mas Land. Sinar Mas Land memiliki lima ruko yang terletak di kawasan premium BSD City, yakni The Loop, Taman Tekno X, Latinos Business District, Virginia Arcade, serta Cascade Studio Loft.

Selain BSD City, Sinar Mas Land juga memiliki ruko London Park Avenue yang berlokasi di Wisata Bukit Mas Surabaya dan Cascade Studio Loft di Kota Deltamas, Cikarang.

Berikut adalah uraian singkat sejumlah ruko premium yang dimiliki Sinar Mas Land.

1. The Loop BSD

The Loop BSD merupakan kawasan ruko mixed-use yang terletak di kawasan The Mozia BSD City. Kawasan ini memiliki lokasi yang strategis dan dekat dengan berbagai fasilitas umum, seperti sport club terbesar di BSD City, pusat belanja QBIG, perkantoran BCA, kawasan komersial Foresta Business Loft, Universitas Prasetiya Mulya, Sinarmas Academy, serta Nanyang School.

Baca juga: Mengenal Township, Hunian di Kawasan Terpadu dengan Fasilitas Lengkap

The Loop BSD tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 6 x 12 meter hingga 12 x 24 meter. Ruko ini memiliki desain modern dan fasilitas lengkap, seperti area parkir, CCTV, dan jaringan internet.

2. Taman Tekno X

Taman Tekno X adalah ruko pergudangan di BSD City yang mengusung konsep ruko gudang multiguna. Ruko ini memiliki fungsi terintegrasi 4 in 1, yakni office, warehouse, workshop, serta showroom.

Dengan demikian, Taman Tekno X dapat diperuntukkan untuk usaha logistik, kantor penyimpanan barang, dan kantor service suku cadang.

Taman Tekno X memiliki tiga tipe unit, yakni Prime (dimensi 6 x 18 m dan 6 x 20 m), Ultimate (9 x 20 m dan 9 x 27 m), serta Supreme (12 x 32 m).

3. Latinos Business District

Mengusung konsep boutique small office home office (Boutique SOHO), Latinos Business District at BSD City cocok digunakan untuk kantor. Ruko ini juga dapat digunakan untuk menunjang kebutuhan ruang usaha, seperti florist, bridal house showroom, kafe, restoran, apotek, serta salon spa.

Untuk lokasi, Latinos Business District berada dekat dengan kawasan perumahan di BSD City, seperti The Green, Green Cove dan Savia. Ruko ini juga berdekatan dengan kawasan industri Taman Tekno serta perkantoran di sekitar area BSD City.

Untuk tipe, Latinos Business District terdiri dari T91 yang memiliki tiga lantai dan T62 yang dibangun dua lantai dengan luas tanah 5 x 10 meter.

4. Virginia Arcade

Virginia Arcade mengusung konsep shophouse 3 lantai dengan lingkungan lifestyle arcade. Ruko ini memiliki lorong beratap yang menghubungkan unit-unit yang berdekatan dan berhadapan.

Di kawasan ini, Anda dapat menemukan berbagai ide bisnis, seperti toko makanan organik, butik independen, desainer bunga, kue kering, serta kafe. Virginia Arcade dikelilingi kawasan residensial perumahan, apartemen, dan perkantoran.

Untuk tipe, Virginia Arcade memiliki empat pilihan, yakni arcade 4 x 9 m, tipe 4 x 9 m hook, tipe 4 x 9 m koridor, dan tipe 5 x 9 m hook.

Sementara itu, konsep plaza memiliki 3 tipe, yakni 4 x 9 m, tipe 4 x 9 m hook dan tipe 5 x 9 m hook.

5. Cascade Studio Loft

Jika mencari ruko berkonsep multi-tenant studio loft, Cascade Studio Loft patut dipertimbangkan. Ruko teranyar dari Sinar Mas Land ini menawarkan ruang fleksibel untuk bisnis.

Studio Loft dirancang dengan desain ceiling yang tinggi (high ceiling), column free, serta area backyard yang dapat menambah kesan luas dan nyaman. Dengan konsep ini, Cascade cocok untuk berbagai jenis usaha, seperti office, restaurant, salon, beauty clinic, boutique, bakery, kafe, dan ritel.

Untuk ukuran, Cascade Studio Loft terdiri dari tiga lantai dan empat lantai.

6. Ruko London Park Avenue

London Park Avenue dapat menjadi pilihan investasi yang menarik jika Anda mencari ruko di Surabaya. Ruko ini mengusung desain bernuansa modern dan eksklusif ala Eropa yang berlokasi di kawasan elite Wisata Bukit Mas.

Terletak di jalan boulevard utama, shophouse dua lantai tersebut menghadirkan konsep alfresco dining, hidden patio, serta epic balcony. Ruko ini juga ditunjang area parkir yang luas.

7. Almandine Business Gallery

Ruko terakhir yang bisa dipertimbangkan dari Sinar Mas Land adalah Almandine Business Gallery. Berlokasi di Jalan Deltamas Boulevard, Almandine Business Gallery terintegrasi dengan kawasan industri, ruang komersial, dan residensial.

Ruko tersebut mengusung konsep area makan semi-terbuka (alfresco dining food terrace) yang lapang dan sejuk. Adapun lebar area makan ini 4,75 meter untuk tipe standar dan 5,75 meter untuk tipe sudut.

Dengan karakteristik tersebut, Almandine Business Gallery yang terdiri dari dua lantai dan tiga lantai cocok dijadikan untuk aneka bisnis, seperti showroom, office, store, serta restoran.

Sebagai informasi, Sinar Mas Land menghadirkan promo Infinite Living periode 1 hingga 31 Juni 2024 untuk nasabah yang membeli ruko premium. Selain itu, terdapat juga promo Maymorable Moments juga yang berlaku hingga 31 Mei 2024.

Melalui program tersebut, konsumen berkesempatan mendapatkan diskon hingga 25 persen, ekstra diskon hingga Rp 128 juta, serta voucer Vivere Furniture Rp 1 juta.

Promo Maymorable Moments.DOK. Sinar Mas Land. Promo Maymorable Moments.

Konsumen juga berkesempatan memenangkan grand prize satu unit Myza Flat-House dan satu unit Southgate Altuera pada promo Infinite Living. Promo ini berlangsung pada hingga 31 Juni 2024.

Promo Infinite Living.DOK. Sinar Mas Land. Promo Infinite Living.

Anda juga bisa memilih berbagai bank rekanan Sinar Mas Land, seperti BCA, Mandiri, Danamon, CIMB, Permata, OCBC, Maybank, Sinarmas, BNI, BTN, Bukopin, BRI, Mestika, UOB, BSI, Bank Panin, CCB, Bank Woori Saudara, Bank INA, BCA Syariah, dan BJJ untuk melakukan transaksi pembelian.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap seputar ruko premium Sinar Mas Land dan promo yang dihadirkan, Anda bisa mengunjungi laman Sinar Mas Land, eCatalog, atau menghubungi nomor 021 53159000.


Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com