Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolong Ruas Tol Becakayu Bakal Disulap Jadi Ruang Terbuka Hijau

Kompas.com - 09/01/2023, 10:10 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR terus mendorong seluruh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk terus memperhatikan aspek pemenuhan Standar Pelayanan Minimum (SPM) serta menghadirkan lingkungan jalan tol yang lebih baik lewat pengelolaan yang aman, nyaman, dan berkelanjutan.

Seperti kegiatan penanaman 10.200 pohon hingga 11.950 pohon pada lahan kosong di bawah ruas Tol Bekasi-Cawang-Kp. Melayu (Becakayu) tepatnya Jalan Inspeksi Kalimalang, Duren Sawit, Jakarta Timur pada Jumat (06/01/2023).

Tujuannya menjadikan sebagai ruang terbuka hijau dengan beragam jenis tanaman seperti ketapang kencana, tabebuya, serta tanaman hias berupa melati gambir dan pilo kuning.

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan, kegiatan penanaman pohon ini bagian dari rencana menghijaukan jaringan jalan tol di Indonesia yang berfokus pada penataan lansekap ruang terbuka hijau dan permasalahan perubahan iklim.

"Penghijauan ini selain bermanfaat untuk mengatasi permasalahan perubahan iklim serta menjaga keberagaman hayati, juga dapat menghasilkan nilai komersial. Sebab tanaman tersebut cukup cepat tumbuh sehingga manfaatnya dapat segera dirasakan," ujarnya dalam keterangan resmi di laman BPJT.

Baca juga: Tol Lingkar Solo Akan Jadi Solo Outer Ring Road, BPJT: Kurangi Beban Traffic Kota

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menambahkan, ditanamnya tanaman seperti Ketapang Kencana akan terus tumbuh melebar menjadikan disekitar pohon rindang dan teduh.

"Selain itu akar dari pohon tersebut tidak akan menghalangi konstruksi saluran air," imbuhnya.

Dia juga berpesan agar jalur hijau yang telah terbangun dirawat dengan baik seperti yang ada di bawah Tol Becakayu dan dapat diperpanjang sampai ke wilayah Kabupaten Bekasi.

"Hal ini dilakukan untuk terus menjaga keasrian dan keindahan lingkungan di kawasan penghijauan kolong Tol Becakayu dan memberi kenyamanan dan kesegaran bagi warga yang melewati kawasan tersebut," pungkas Heru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com