Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MotoGP Qatar 2024: Marquez Tersenyum, tetapi Belum Siap Kejar Podium

Kompas.com - 10/03/2024, 15:00 WIB
Leonardo Juan Ruiz Febrian,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Marc Marquez merasa belum siap untuk meraih podium di balapan MotoGP Qatar 2024.

Pemilik delapan gelar juara dunia ini masih mencoba terus menjajaki kemampuan motor di tim barunya, yakni Gresini Racing (Ducati).

Diketahui, pada MotoGP 2024 Marquez membalap dengan Gresini, setelah 11 musim sebelumnya berseragam Repsol Honda.

Marquez kini telah menjalani serangkaian tes pramusim, latihan bebas, hingga kualifikasi bersama Gresini.

Ia bahkan sempat memuncaki sesi FP2 MotoGP Qatar 2024. Pada Sprint Race MotoGP Qatar, Sabtu (9/3/2024) pebalap beralias The Baby Alien tersebut finis di posisi lima.

Walau begitu, Marquez merasa dirinya masih membutuhkan waktu beradaptasi.

Menjelang balapan MotoGP Qatar 2024 di Lusail International Circuit, pada Senin (11/3/2024) dini hari WIB, pebalap berkebangsaan Spanyol tersebut belum menargetkan podium.

"Tidak, tidak, tidak, kami belum siap untuk bertarung memperebutkan podium. Ada empat atau lima orang yang lebih cepat dari kami," ujar Marquez dikutip dari Crash.

Baca juga: Hasil Klasemen Sementara Usai Sprint Race MotoGP Qatar 2024

Marquez mengacu kepada performa dirinya ketika melakoni Sprint Race MotoGP Qatar 2024 pada Sabtu (9/3/2024) malam WIB.

The Baby Allien yang finis di posisi kelima usai menyelesaikan 11 putaran, mengungguli adik sekaligus rekan setim, Alex Marquez, yang berada di peringkat tujuh. 

"Hari ini kami finis di posisi lima besar dan seperti yang saya katakan pada hari Kamis, saya mengincar posisi enam besar, dan mencoba berjuang, setiap akhir pekan. Kemudian akan ada beberapa hari yang lebih baik, beberapa hari yang lebih buruk," ujar Marquez menyikapi hasil balapan Sprint Race MotoGP Qatar 2024.

Finis di urutan kelima Sprint Race MotoGP 2024 menjadi suatu kepuasan tersendiri bagi Marquez yang memutuskan hengkang dari Honda pada musim lalu.

Ia bahagia bisa kembali bersaing di barisan terdepan.

"Ada senyuman (saat melepas helm] karena saya bertarung dengan para pebalap top di Qatar, yang merupakan sirkuit di mana biasanya saya sangat jauh tertinggal pada tahun-tahun sebelumnya," kata Marquez.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Qatar 2024, Martin Pole Position

"Saya berada di sana bertarung dengan para pebalap papan atas dan bahkan sempat menyalip mereka di salah satu bagian balapan," tutup Marquez menggambarkan kegembiraannya.

Mengacu hasil Sprint Race MotoGP Qatar 2024, sang pebalap kelahiran Cervera itu kini menduduki peringkat kelima klasemen MotoGP 2024 dengan torehan 5 poin.

Puncak klasemen Kejuaraan Dunia MotoGP 2024 sementara ini diduduki oleh sang pemenang Sprint Race MotoGP Qatar 2024, Jorge Martin, dengan torehan 12 poin.

Jorge Martin akan start dari pole position pada sesi balapan utama MotoGP Qatar 2024 yang akan digelar pada Senin (11/3/2024) dini hari pukul 00.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com