Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klasemen MotoGP Usai GP Malaysia: Bagnaia Mendekat ke Titel Juara Dunia

Kompas.com - 23/10/2022, 14:45 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Francesco Bagnaia mengakhiri MotoGP Malaysia 2022 dengan berada di urutan pertama. Bagnaia pun kian dekat dengan titel juara dunia MotoGP 2022.

GP Malaysia yang telah rampung digelar di Sirkuit Sepang, Minggu (23/10/2022) merupakan seri ke-19 dalam musim MotoGP 2022.

Bagnaia sukses menambah 25 poin usai finis di posisi 1 di MotoGP Malaysia 2022. Titel juara dunia memang belum bisa ia segel, namun pebalap jebolan akademi VR46 itu sudah sangat dekat dengan status kampiun.

Bagnaia kini menajamkan keunggulan dari pesaing terdekat, Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) menjadi 23 poin.

Sebelumnya, Francesco Bagnaia menuju pergelaran MotoGP Malaysia 2022 dengan berada di puncak klasemen MotoGP 2022. Ia berjarak 14 angka dari Quartararo yang membayangi di posisi kedua.

Baca juga: Bagnaia Bisa Juara Dunia di MotoGP Malaysia: Saya Manusia, Sedikit Tertekan...

Pebalap yang biasa disapa Pecco itu melesat ke tangga teratas klasemen berkat keberhasilannya naik podium ketiga di balapan seri ke-18, MotoGP Australia, 16 Oktober 2022 silam.

Bagnaia pun menggusur sang rival, Fabio Quartararo, yang gagal finis di Sirkuit Phillip Island, arena balap MotoGP Australia 2022.

Pada MotoGP Malaysia 2022 Bagnaia kembali mampu meraih hasil yang lebih baik dari Quartararo, kendati dirinya start dari posisi yang kurang menguntungkan, persisnya urutan ke-9.

Start mantap menjadi kunci Bagnaia di MotoGP Malaysia 2022. Begitu balapan dimulai, pebalap asli Torino itu melesat tujuh anak tangga, dari posisi 9 ke urutan dua, persis di belakang Jorge Martin (Pramac Racing) sang empunya pole position.

Baca juga: Live MotoGP Malaysia: Baru Mulai, Bagnaia Melesat di Urutan Kedua!

Mirip seperti Bagnaia, Quartararo juga mampu melesat tujuh tingkat saat start, dari posisi ke-12 ke tempat kelima.

Bagnaia lantas mendapatkan "hadiah" pada lap ketujuh MotoGP Malaysia 2022. Ia ganti menjadi pemimpin balapan begitu Jorge Martin mengalami crash alias terjatuh.

Pada lap ke-11, Bagnaia kembali ke urutan kedua usai disalip sesama Ducati, Enea Bastianini (Gresini Racing).

Namun, pada lap ke-15, Bagnaia kembali menempati posisi pertama usai menyalip Bastianini. Pecco Bagnaia pun dipastikan memenangi MotoGP Malaysia 2022 dengan dibuntuti Bastianini dan Quartararo di urutan dua serta ketiga.

Dengan hasil MotoGP Malaysia 2022, persaingan gelar juara dunia dipastikan masih akan terus terbuka sampai seri ke-20 di MotoGP Valencia 6 November mendatang.

Bagnaia berada dalam posisi sangat bagus untuk mengamankan titel juara dunia seiring keunggulan 23 angka atas Fabio Quartararo.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com