Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Tes Pramusim, Mario Aji Percaya Diri Tatap Balapan Moto3 di Qatar

Kompas.com - 22/02/2022, 14:00 WIB
M. Hafidz Imaduddin,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

Sumber Honda

KOMPAS.com - Pebalap Indonesia, Mario Suryo Aji, mengaku sangat percaya diri menatap seri pertama Moto3 2022 di Qatar.

Hal itu diungkapkan Mario Aji seusai menyelesaikan rangkaian tes pramusim Moto3 2022 yang berlangsung di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal, pada 19-21 Februari 2022.

Waktu putaran terbaik Mario Aji selama tes pramusim di Sirkuit Algarve adalah 1 menit 48,692 detik yang diukir pada hari kedua, Minggu (20/2/2022).

Pada hari terakhir, Mario Aji hanya fokus melakukan simulasi balapan. 

Rata-rata waktu putaran Mario Aji pada hari ketiga cukup konsisten pada ritme 1 menit 49 detik.

Baca juga: Mario Aji Minta Restu Wakil Presiden Jelang Moto3 2022

Kini, Mario Aji memiliki waktu kurang dari dua pekan untuk bersiap sebelum menghadapi seri pertama Moto3 2022 di Qatar pada 4-6 Maret mendatang.

Terkait Moto3 Qatar 2022, Mario Aji mengaku sangat siap. Pebalap berusia 17 tahun itu mengaku sudah lebih lebih memahami motornya setelah rangkaian tes pramusim di Sirkuit Algarve.

"Saya merasa lebih baik di Portimao daripada tes pramusim di Jerez. Kami menguji banyak hal di Portimao," kata Mario Aji dalam rilis tim.

"Meski waktu putaran kami tidak sesuai harapan, kami sudah cukup puas. Kami sekarang bekerja agar saya lebih nyaman dengan motor," ujar Mario Aji.

"Kami juga bekerja untuk mencari setelan terbaik bukan untuk lap tercepat. Saya sangat antusias menghadapi Grand Prix Qatar," tutur Mario Aji menambahkan.

Baca juga: Target Mario Suryo Aji di Moto3 2022 hingga Mimpi ke MotoGP

Terkait tes pramusim di Portimao, Hiroshi Aoyama selaku manajer Honda Team Asia mengaku puas melihat performa Mario Aji.

Menurut Aoyama, Mario Aji saat ini masih dalam masa pemulihan cedera patah tulang paha yang dialami pada November tahun lalu.

"Mario mengalami cedera serius pada akhir musim lalu dan menghabiskan jeda musim dingin untuk pemulihan," ungkap Aoyama.

"Dia masih berada dalam masa pemulihan, itu memengaruhi kondisi fisiknya, jauh dari kata ideal," ujar Aoyama.

"Tetapi setiap kali keluar dari pit performanya membaik, mendapatkan kepercayaan diri dengan motor dan melaju lebih kencang," tutur Aoyama.

"Pada momen ini dia belum 100 persen fit, tetapi mempertimbangkan kondisinya, dia menjalani tes pramusim dengan baik, mengumpulkan 2.000km," ujar Aoyama menambahkan.

Baca juga: Jadi Rekan Setim Juara ATC di Moto3 2022, Mario Suryo Aji Bicara soal Rivalitas

Adapun rekan satu tim Mario Aji, Taiyo Furusato, terpaksa menepi dari tes pramusim.

Juara Asia Talent Cup 2021 itu mengalami retak tulang talus di kaki kanan akibat kecelakaan pada Kamis lalu dalam tes privat di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Cedera itu membuat Taiyo Furusato kemungkinan besar akan absen pada Moto3 Qatar awal Maret mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com