Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Valentino Rossi Singgung "Peran" Dorna Terkait Cedera Marc Marquez

Kompas.com - 09/02/2021, 22:07 WIB
Medikantyo Junandika Adhikresna,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

Sumber BolaSport

KOMPAS.com - Pebalap senior, Valentino Rossi, menyinggung "andil" penyelenggara ajang balap MotoGP, Dorna Sport, yang disebutnya menjadi penyebab dalam cedera panjang rider Honda, Marc Marquez.

Rossi menganggap Dorna Sports mengacuhkan peraturan yang mereka buat sebelumnya mengenai pemulihan pebalap jelang tampil dalam rangkaian pekan balapan.

Sebagai pengingat, Marc Marquez memilih untuk mengikuti sesi latihan seri kedua MotoGP 2020 di GP Andalusia hanya berselang empat hari setelah menjalani operasi cedera lengan kanan.

Cedera tersebut didapatnya pada seri pembuka sepekan sebelumnya, yang digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Baca juga: Kata Rossi soal Gelar Ke-10, Hubungan dengan Marc Marquez, dan Potensi Sang Adik

Marquez kemudian menarik diri dari GP Andalusia sebelum sesi kualifikasi dan pada akhirnya benar-benar absen sepanjang sisa gelaran MotoGP 2020.

Berlarutnya penanganan cedera Marquez hingga saat ini membuat Rossi merasa prihatin sekaligus menyayangkan sikap Dorna Sports yang gagal mencegah aksi sembrono Marquez.

"Aturan tersebut dibuat setelah comeback cepat dari Jorge Lorenzo di Assen pada musim 2013 lalu, untuk mencegah risiko ekstrem," ujar Rossi seperti dilansir dari laman BolaSport.

"Kembalinya Marquez (pada seri kedua) telah melanggar semua peraturan yang telah mereka buat sebelumnya," katanya.

Baca juga: Mengenang Insiden MotoGP 2015 yang Membuat Rossi Tak Memaafkan Marc Marquez

Pernyataan Rossi sendiri mengacu pada aksi Lorenzo ketika masih bersamanya membela tim pabrikan Yamaha pada musim 2013 lalu.

Lorenzo mengalami kecelakaan pada sesi latihan Kamis dalam rangkaian GP Belanda di Sirkuit Assen.

Namun, setelah menjalani prosedur operasi di Spanyol segera setelah mengalami insiden tersebut, Lorenzo bisa tampil dalam balapan yang berlangsung pada hari Minggu di pekan yang sama.

Saat itu, Lorenzo berhasil mencapai garis finis dengan berada di urutan kelima dalam balapan tersebut.

Akibat kejadian tersebut, Dorna merancang peraturan untuk mengurangi risiko fatal bagi pebalap akibat memaksakan diri tampil usai menjalani prosedur medis.

Rossi menyayangkan pilihan pebalap asal Spanyol itu untuk kembali ke lintasan dalam hitungan hari setelah operasi dan harus kehilangan kesempatan tampil pada sisa musim lalu.

Baca juga: Alex Rins Punya Prediksi soal Comeback Marc Marquez

"Saya pikir Marquez melakukan kesalahan dengan kembali terlalu cepat setelah operasi," ujar Rossi.

"Ketika dia pulih nanti, mungkin dia akan sekuat seperti sebelumnya walaupun belum bisa dipastikan kapan akan kembali ke lintasan," ujarnya.

Honda sendiri masih mempertimbangkan posisi Marquez dalam timnya, dengan baru memastikan menurunkan satu pebalap, yakni Stefan Bradl, jelang musim balap mendatang. (Agung Kurniawan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com