Jadwal MotoGP 2020 Bisa Mundur Lagi karena Austin Masuk Kondisi 'Darurat'

Kompas.com - 07/03/2020, 22:27 WIB
Momen saat Maverick Vinales (kiri) mengeluhkan tindakan Marc Marquez (kanan) yang seakan menghalangi lajunya pada sesi kualifikasi MotoGP Americas 2018, Sabtu (21/4/2018) waktu Amerika Serikat.
TWITTER.com/MOTOGPMomen saat Maverick Vinales (kiri) mengeluhkan tindakan Marc Marquez (kanan) yang seakan menghalangi lajunya pada sesi kualifikasi MotoGP Americas 2018, Sabtu (21/4/2018) waktu Amerika Serikat.

KOMPAS.com - Jadwal MotoGP 2020 bisa kembali diundur setelah pemerintah kota Austin, Texas, mengambil tindakan proaktif dalam memerangi penyebaran virus corona. Terlebih lagi, event yang melibatkan lebih dari 2500 orang di satu tempat akan mendapat perhatian khusus.

Kejuaraan Dunia MotoGP 2020 adalah event olahraga yang sejauh ini terkena dampak paling besar dari penyebaran penyakit virus corona atau Covid-19.

Dua seri pembuka musim MotoGP 2020, MotoGP Qatar dan MotoGP Thailand, sudah menjadi korban.

Balapan kelas MotoGP di Qatar yang seharusnya berjalan akhir pekan ini telah dibatalkan, walau Moto2 dan Moto3 tetap bergulir.

Sementara, seri kedua di MotoGP Thailand akhirnya ditunda hingga Oktober.

Baca juga: Selain Virus Corona, Ini yang Bisa Bikin MotoGP Qatar Batal Digelar

MotoGP Amerika Serikat di Austin seharusnya menjadi seri pembuka musim pada 3-5 April 2020.

Akan tetapi, pada medio pekan ini, pemerintah kota Austin telah melarang event dengan 2500 orang atau lebih, kecuali apabila pihak penyelenggara dapat meyakinkan pihak Kesehatan Umum Austin kalau "semua rencana pencegahan penyakit menular telah dilakukan. Semua kasus akan dievaluasi satu per satu".

Salah satu event terkemuka yang telah menjadi korban dekrit tersebut adalah festival dan konferensi film serta teknologi, South by Southwest (SXSW), yang tahun lalu mendatangkan 75 ribu penonton.

"Kami telah mendeklarasikan bencana lokal dan berkaitan dengan itu telah mengeluarkan perintah yang membatalkan South by Southwest tahun ini," tutur Wali Kota Austin, Steve Adler, seperti dikutip dari Crash.

Baca juga: Jadwal MotoGP 2020, Seri Qatar Hanya Perlombakan Kelas Moto2 dan Moto3

Ia juga menekankan bagaimana festival SXSW tersebut mendatangkan lebih sedikit orang ketimbang penonton sepanjang akhir pekan MotoGP yang bisa mencapai 120 ribu orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X