Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gerak Cepat, Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Ditargetkan Rampung Tepat Waktu

MGPA bekerja sama dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan PT Pembangunan Perumahan (PP) tengah melakukan proses pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika.

Pengaspalan ulang dilakukan menyusul evaluasi yang diberikan Dorna Sports dan Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) usai tes pramusim MotoGP 2022.

Namun, pengaspalan ulang tidak dilakukan di seluruh titik lintasan Sirkuit Mandalika, melainkan hanya dari bagian sebelum Tikungan 17 hingga setelah Tikungan 5.

Perbaikan ini penting demi kesempurnaan Sirkuit Mandalika, yang akan menjadi venue MotoGP Indonesia 2022 pada 18-20 Maret.

Dorna Sports dan FIM juga disebut terlibat sambil terus memantau proses pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika agar bisa rampung dengan hasil terbaik. 

Proses pengaspalan Sirkuit Mandalika sudah mulai dilakukan. PT PP pun telah mendatangkan berbagai alat berat untuk menunjang perbaikan.

Alat-alat berat yang didatangkan PT PP di antaranya adalah asphalt finisher, tandem roller, serta alat pendukung pengaspalan seperti asphalt distributor, power drum, dan kompresor. 

Berdasarkan rilis MGPA, 90 persen alat berat tersebut sudah tiba di Sirkuit Mandalika pada Sabtu (19/2/2022) dini hari.

Selanjutnya, pihak PT (PP) akan mulai mengelupas permukaan lintasan dan secara bersamaan akan melakukan set-up Asphalt Mixing Plant (AMP) sambil menunggu kedatangan sisa peralatan.

"Kami bergerak cepat agar perbaikan lintasan sirkuit sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan," ujar Priandhi dalam rilis yang diterima Kompas.com.

"Alhamdulillah, sebagian besar peralatan berat telah tiba dan proses pekerjaan perbaikan bisa segera dimulai," ucapnya.

Priandhi menegaskan, sesuai target proses pengerjaan perbaikan lintasan diharapkan selesai pada 10 Maret 2022 atau sepekan sebelum MotoGP Indonesia.

Sementara itu, PT PP juga telah memastikan kesiapan bahan baku untuk pengaspalan.

"Tim dari PT PP yang berada di Palu dan didampingi konsultan, sudah memastikan kualitas bahan baku dan memastikan loading bahan baku ke atas kapal yang akan dikirim dalam waktu dekat untuk dijadikan lapisan aspal yang baru," kata Priandhi.

Adapun Dirut PT PP Novel Arsyad juga telah meyakinkan bahwa pihaknya berkomitmen menjadikan lintasan Sirkuit Mandalika memenuhi standar keselamatan dan keamanan balapan, serta menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. 

"Teknologi, metode, material, serta peralatan kerja juga menggunakan spesifikasi terbaik sesuai standar FIM," ucap Novel.

"Kami akan melakukan pengelupasan aspal lapisan teratas lebih kurang tebalnya 4 sentimeter dan langsung diaspal ulang," katanya manambahkan.

Pengaspalan dilakukan di segmen Tikungan 16,5 yang menuju lintasan start-finish line sepanjang 507 meter, hingga ke Tikungan 5,5. 

https://www.kompas.com/motogp/read/2022/02/19/14532888/gerak-cepat-pengaspalan-ulang-sirkuit-mandalika-ditargetkan-rampung-tepat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke