Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tingkat Kenyamanan Nonton di Sirkuit Mandalika Berdasarkan Harga Tiket

KUTA MANDALIKA, KOMPAS.com - Ada harga ada rupa. Pepatah lama itu biasanya dipakai untuk menyatakan bahwa produk yang harganya lebih mahal biasanya akan seimbang dengan kenyamanan yang didapat.

Hal itu pula yang tergambar saat perhelatan ajang balap World Superbike (WSBK) dan Asian Talent Cup (ATC), di Sirkuit Internasional Mandalika, 19-21 November 2021.

Untuk ajang WSBK yang digelar bersamaan dengan ATC, panitia penyelenggara balapan di Mandalika menyiapkan sekitar 25.000 lembar tiket untuk delapan kategori.

Harga bervariasi dari ratusan ribu hingga belasan juta rupiah.

Berikut daftar lengkap harga tiket sesuai kategori yang berlaku selama tiga hari, dari mulai sesi latihan bebas pertama pada Jumat pagi hingga balapan puncak pada Minggu sore:

Bila hanya memperhatikan gambar, mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa dua tribune yang cuma berseberangan dan masih di satu lokasi bisa berselisih harga tiket yang cukup jauh.

Contohnya pada tribune Premiere Class dengan tribune Premiere Grand Stand.

Baik Premiere Class dan Premiere Grand Stand sama-sama menyajikan pemandangan trek lurus utama sirkuit, tempat garis start dan finis. Bedanya Premier Class ada di sisi utara sedangkan Premiere Grand Stand di sisi selatan.

Meski lokasinya berseberangan dan sama-sama menyajikan pemandangan yang sama, harga tiket di Premiere Class dibanderol mencapai Rp 19,5 juta yang menjadikannya kategori tiket termahal.

Adapun tiket Premiere Grand Stand hanya dibanderol pada kisaran Rp 2,6 juta sampai dengan Rp 2,8 juta.

Kompas.com yang sedang berada di lokasi Sirkuit Mandalika mencoba membandingkan kenyamanan yang ada di tribune Premiere Class dengan di tribune Premiere Grand Stand beserta tribune-tribune lainnya.

Informasi ini mungkin akan berguna bagi Anda yang punya rencana menyaksikan langsung ajang MotoGP pada Maret mendatang.

Berikut gambarannya berdasarkan pantauan di lokasi:

Premiere Class

Tempat menonton pemilik tiket kategori Premiere Class menghadap langsung ke trek lurus utama. Letaknya di sisi utara trek lurus.

Premier Class terdiri dari banyak sekat-sekat ruangan yang dilengkapi AC.

Di dalam ruangan pemilik tiket disuguhkan hidangan prasmanan. Tempat duduknya pun terdiri dari tempat duduk sofa dan kursi bar.

Jika bosan di dalam ruangan, pemilik tiket Premiere Class dapat keluar ke balkon. Balkon berada tepat di atas paddock.

Jadi, dari balkon mereka dapat menyaksikan langsung dinamika yang terjadi di paddock ataupun pitlane, misalnya jika ada pebalap yang terkena penalti ataupun pebalap yang ingin berganti motor.

Deluxe Class

Deluxe Class adalah tiket kategori termahal kedua di Mandalika.

Lokasi menonton pemilik tiket Deluxe Class ada di ujung trek lurus utama sisi utara. Bangunannya tersendiri yang terpisah dari tribune utama.

Pemilik tiket Deluxe Class mendapatkan fasilitas yang sama seperti Premiere Class. Hanya saja mereka tak bisa menyaksikan keseruan di paddock.

Namun, dari tribune ini pemilik tiket bisa menyaksikan langsung keseruan di tikungan pertama.

Premiere Grand Stand

Lokasi menonton pemilik tiket Premiere Grand Stand ada sisi selatan trek lurus utama, berseberangan dengan Premier Class.

Namun, tak seperti Premiere Class dan Deluxe Class, tak ada fasilitas tambahan untuk pemilik tiket Premiere Grand Stand.

Bentuk tribune seperti halnya tribune pada umumnya.

Selain itu, karena berseberangan dengan paddock, penonton di tribune Premiere Grand Stand tak bisa melihat dengan jelas dinamika di pitlane.

Main Grand Stand 1

Main Grand Stand 1 adalah tribune berdiri yang tidak memiliki bangku model single seat untuk penonton.

Main Grand Stand 1 terdiri dari dua tribune yang bersebelahan. Tribune 1A berada di ujung trek lurus utama sisi selatan, sedangkan 1B menghadap ke tikungan pertama.

Main Grand Stand 2

Tribune Main Grand Stand 2 juga adalah tribune berdiri tanpa bangku model single seat.

Tribune Main Grand Stand 2 menghadap langsung sebuah tikungan 180 derajat sebelum tikungan terakhir menuju garis finis.

Tepat di depan tribune ada run off yang cukup luas. Run off inilah yang diberi sedikit aksen batik berwarna merah dan putih.

West Grand Stand

Tribune West Grand Stand menghadap langsung ke tikungan cepat penghubung tikungan 14, 15 dan 16.

Standard Grand Stand 1

Tribune Standard Grand Stand 1 berhadap-hadapan langsung dengan West Grand Stand. Sama seperti halnya West Grand Stand, penonton di Standard Grand 1 juga disuguhkan pemandangan di tikungan 13 dan 14. Hanya saja, area pembatas tribune Grand Stand 1 dengan trek relatif lebih lebar dan tidak sedekat tribune West Grand Stand.

Standard Grand Stand 2

Standard Grand Stand 2 adalah kategori tiket yang paling murah. Posisi tribunenya berhadapan dengan tribune Main Grand Stand 2. Kedua tribune sama-sama menghadap ke tikungan 180 derajat sebelum tikungan terakhir menuju garis finis. Hanya saja, jarak pandang dari tribune ini tidak seluas penonton yang ada di tribune Main Grand Stand 2.

https://www.kompas.com/motogp/read/2021/11/20/10440268/tingkat-kenyamanan-nonton-di-sirkuit-mandalika-berdasarkan-harga-tiket

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke