Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hasil Kualifikasi MotoGP Valencia: Jorge Martin Putus Catatan Bagnaia, Rossi Ke-10!

KOMPAS.com - Pebalap Pramac Racing, Jorge Martin, berhasil merebut pole position seusai menjadi pebalap tercepat pada sesi kualifikasi MotoGP Valencia 2021.

Jorge Martin dipastikan meraih pole position setelah mengukir catatan waktu lap 1 menit 29.936 detik pada kualifikasi MotoGP Valencia yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Sabtu (13/11/2021) malam WIB.

Selain merebut pole position MotoGP Valencia, Jorge Martin juga memutus catatan Francesco Bagnaia (Ducati).

Sebelum ini, Francesco Bagnaia berhasil meraih pole position pada lima balapan beruntun. 

Namun, catatan pole position beruntun yang dimiliki Francesco Bagnaia kini terhenti di tangan pebalap debutan musim 2021, Jorge Martin.

Adapun Francesco Bagnaia harus puas menempati peringkat kedua pada kualifikasi MotoGP Valencia 2021. Dia tertinggal 0,064 detik dari Jorge Martin.

Selanjutnya, di posisi ketiga ada Jack Miller (Ducati) yang terpaut 0,389 dari Jorge Martin selaku peraih pole position.

Sementara itu, pebalap veteran asal Italia yang akan pensiun setelah balapan MotoGP Valencia, Valentino Rossi, harus puas menduduki peringkat ke-10.

Alhasil, pebalap berjulukan The Doctor itu akan memulai balapan MotoGP Valencia dari baris keempat.

Jalannya kualifikasi MotoGP Valencia

Pada sesi Kualifikasi 1 (Q1), sejumlah pebalap bersaing untuk memperebutkan dua posisi teratas.

Adapun dua posisi teratas pada Q1 merupakan tiket untuk ikut bersaing di Kualifikasi 2 (Q2).

Alex Marquez dari tim LCR Honca Castrol menjadi pebalap pertama yang merampungkan satu putaran pada Q1 MotoGP Valencia 2021.

Dia pun langsung menempatkan namanya di posisi teratas tabel Q1. Namun, tak lama setelah itu, Alex Rins (Suzuki Ecstar) menyalip dengan catatan waktu lap 1 menit 30,675 detik.

Alex Rins unggul 0,287 detik atas pebalap Red Bull KTM, Brad Binder, yang menempati peringkat kedua.

Pada detik-detik terakhir Q1, Andrea Dovizioso (Petronas Yamaha SRT) sempat menyalip catatan waktu Brad Binder dan berhak naik ke peringkat kedua.

Namun, Brad Binder kembali merebut posisi kedua dari Andrea Dovizioso sambil memangkas selisih waktu dari Alex Rins.

Brad Binder hanya tertinggal 0,115 detik dari Alex Rins pada pengujung Q1 MotoGP Valencia.

Posisi Alex Rins dan Brad Binder di dua posisi teratas kemudian bertahan hingga Q1 rampung digelar.

Alhasil, mereka berhak melanjutkan perjuangan ke Q2 dan bersaing dengan 10 pebalap lain yang lebih dulu memastikan tempat.

Sementara itu, Andrea Dovizioso tertahan di peringkat ketiga sehingga akan memulai balapan MotoGP Valencia dari posisi ke-13.

Jalannya Q2 MotoGP Valencia 2021 diramaikan leh sejumlah nama besar seperti Francesco Bagnaia, Joan Mir, Fabio Quartararo, hingg Valentino Rossi.

Pada percobaan pertama, Aleix Espargaro (Aprilia Racing) sempat memimpin. Akan tetapi, Jack Miller (Ducati) langsung menyalip dengan catatan waktu lap 1 menit 30,479 detik.

Jack Miller mengungguli dua pebalap Monster Energy Yamaha, Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo yang berada di peringkat kedua serta ketiga.

Sementara itu, Valentino Rossi tertahan di peringkat ke-10 dengan selisih 3,086 detik dari Jack Miller.

Ketika Q2 tinggal menyisakan lima menit, Jack Miller masih memimpin dengan catatan yang lebih baik, yakni 1 menit 30,325 detik.

Uniknya, catatan waktu Jack Miller sama persis dengan Jorge Martin (Pramac Racing) yang berhasil naik ke posisi kedua.

Selanjutnya, pada dua menit terakhir, Francesco Bagnaia berhasil merebut posisi teratas berkat catatan waktu lap 1 menit 30,000 detik.

Akan tetapi, keunggulan Francesco Bagnaia tak bertahan lama. Jorge Martin sukses membuat kejutan dengan mengukir catatan waktu lap 1 menit 29,936 detik.

Posisi di tiga besar tak berubah hingga Q2 rampung. Jorge Martin dipastikan meraih pole position, sedangkan Francesco Bagnaia dan Jack Miller secara berurutan menduduki peringkat kedua serta ketiga.

https://www.kompas.com/motogp/read/2021/11/13/21071788/hasil-kualifikasi-motogp-valencia-jorge-martin-putus-catatan-bagnaia-rossi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke