Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hasil FP1-FP2 MotoGP Doha: Kejutan Pengganti Marquez, Rossi Terancam

Hasilnya, pebalap yang ditunjuk sebagi pengganti Marc Marquez di tim Repsol Honda, Stefan Bradl, mampu memberi kejutan.

Sementara itu, Valentino Rossi yang tampil bersama Petronas Yamaha SRT terancam gagal untuk lolos secara langsung ke Kualifikasi 2 (Q2) MotoGP Doha 2021.

Berdasarkan hasil gabungan FP1 dan FP2 MotoGP Doha 2021, Stefan Bradl berhasil menempati peringkat ke-10 dengan catatan waktu lap 1 menit 53,914 detik.

Pencapaian itu menjadi kejutan, sebab Stefan Bradl sejatinya tampil dengan status pebalap pengganti.

Dia menggantikan Marc Marquez yang masih berjuang melawan cedera dan harus absen pada dua seri pembuka MotoGP 2021.

Sebelum MotoGP Doha, Stefan Bradl sudah menggantikan posisi Marc Marquez pada seri pertama, MotoGP Qatar, akhir pekan lalu.

Pada MotoGP Qatar, Stefan Bradl tampak kesulitan saat menjalani sesi sesi latihan bebas hingga balapan utama.

Namun, dia kini mulai menemukan ritme dan berhasil memberi kejutan dengan menduduki 10 besar berdasarkan hasil gabungan FP1 dan FP2 MotoGP Doha.

Dia bahkan unggul atas rekan setimnya di Repsol Honda, Pol Espargaro, yang hanya mampu menempati peringkat ke-17.

Selain Pol Espargaro, Stefan Bradl juga mengungguli satu nama besar di dunia balapan MotoGP yaitu Valentino Rossi.

Berdasarkan hasil gabungan FP1 dan FP2 MotoGP Doha, Valentino Rossi tertahan di peringkat ke-14 dengan catatan waktu lap 1 menit 54,112 detik.

Hasil itu membuat posisi Valentino Rossi terancam. Dia bisa saja gagal untuk lolos langsung ke kualifikasi 2 (Q2) MotoGP Doha 2021.

Adapun untuk lolos langsung ke Q2, seorang pebalap harus menempati 10 besar berdasarkan hasil gabungan sesi latihan bebas.

Apabila Rossi tidak mampu memperbaiki peringkat pada sesi latihan bebas ketiga (FP3), dia dipastikan harus melalui kualifikasi pertama (Q1).

Dia baru bisa tampil di Q2 dan berjuang meraih posisi start terdepan jika menduduki dua urutan teratas pada Q1.

Terkait situasi tersebut, Valentino Rossi tampak pasrah jika harus melalui Q1 terlebih dulu.

Namun, dia berharap bisa merebut dua posisi teratas pada Q1 dan melanjutkan perjuangan pada Q2.

"Hari ini saya sangat kewalahan dengan daya cengkeram roda belakang dan dalam jarak panjang di awal sesi, saya merasa jauh lebih lambat," kata Rossi terkait jalannya sesi latihan bebas kedua MotoGP Doha, dikutip dari Crash.net.

"Kami telah meningkatkan umur ban dan ini sangat penting bagi kami. Saya meningkatkan catatan waktu pada menit-menit terakhir, tetapi itu tidak cukup untuk sepuluh besar," ujar Rossi.

"Besok kami perlu mencoba meningkatkan daya cengkeram ban belakang, tetapi di FP3 akan sangat sulit untuk meningkatkan waktu putaran. Jadi, kami perlu berkonsentrasi pada kecepatan dan mencoba tetap berada di posisi teratas pada Q1," tutur Rossi menjelaskan.

Adapun rangkaian FP3, FP4, hingga sesi kualifikasi MotoGP Doha 2021 dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (3/4/2021) malam WIB.

https://www.kompas.com/motogp/read/2021/04/03/14100078/hasil-fp1-fp2-motogp-doha--kejutan-pengganti-marquez-rossi-terancam

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke