Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

MotoGP San Marino, Valentino Rossi Bongkar Kekuatan Motor Yamaha

Performa Valentino Rossi bersama motor YZR-M1 meningkat dalam tiga sesi latihan bebas pada seri MotoGP San Marino 2020 di Sirkuit Misano.

Sempat berada di posisi keenam pada hasil kombinasi FP hari pertama, penampilan Rossi melesat saat turun pada FP3.

Dalam sesi FP3 yang berlangsung pada Sabtu (12/9/2020), Rossi tampil sebagai pebalap tercepat dengan catatan waktu 1 menit 31,861 detik.

Membaiknya performa Rossi tak lepas dari perasaan percaya diri dan nyaman setelah menyelesaikan dua sesi FP pertama.

"Hari pertama berjalan baik, aspek paling positif adalah Yamaha telah jauh lebih kompetitif di sini (Misano) daripada di Austria, situasinya benar-benar berbeda," kata Valentino Rossi, dikutip dari GP One.

Lebih lanjut, Rossi juga tak segan membongkar kekuatan motornya yang tampil cepat dan klop dengan karakter lintasan Sirkuit Misano.

Meski lintasannya sempit, pebalap berusia 41 tahun itu menilai beberapa tikungan cepat di lintasan Misano serta aspal baru akan menjadi salah satu kekuatan motornya

Hal itu tak lepas dari fakta bahwa motor Yamaha memang lebih lincah ketika melaju di tikungan daripada saat beradu kecepatan tertinggi di lintasan lurus.

"Sirkuit ini adalah sirkuit yang sempit dan rumit, motor M1 sangat stabil terutama saat melaju di tikungan cepat," tutur Rossi.

"Saya rasa hal ini akan membantu kami dan itu akan menjadi kekuatan tersendiri bagi kami," kata dia menambahkan.

Kendati demikian, rekan satu tim Maverick Vinales itu tak menampik bahwa dia sempat mengalami kesulitan untuk menemukan sentuhan terbaik, terutama saat turun pada sesi FP1.

Pasalnya, Rossi sempat kesulitan beradaptasi dengan aspal baru yang disiapkan di Sirkuit Misano sehingga butuh penyesuaian strategi.

Namun, Rossi segera cepat menemukan sentuhan gaya balapnya sehingga aspal baru Sirkuit Misano justru sangat mengutungkan baginya.

"Pada sesi pagi saya mengalami lebih banyak kesulitan, tetapi pada sesi selanjutnya saya mampu tampil lebih baik dan konsisten," ucap Rossi.

Valentino Rossi nantinya bakal mengawali balapan di posisi keempat saat seri MotoGP San Marino digelar pada Minggu (13/9/2020). (Agung Kurniawan)

https://www.kompas.com/motogp/read/2020/09/13/13200038/motogp-san-marino-valentino-rossi-bongkar-kekuatan-motor-yamaha

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke