Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

"Marc Marquez Celaka karena Diperbudak Perangkat Elektronik"

KOMPAS.com - Marc Marquez kecelakaan karena terlalu percaya kepada komponen elektronik yang menempel di motornya.

Marc Marquez tertimpa sial pada MotoGP Spanyol, yang merupakan seri pembuka musim 2020.

Ia gagal menyentuh garis finis karena kecelakaan hebat pada race yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020).

Kecelakaan itu juga membuat Marquez menerima cedera patah tulang lengan kanan dan harus naik ke meja operasi.

Namun, bukannya istirahat untuk memulihkan kondisi, Si Bayi Alien malah nekat datang ke tempat yang sama untuk turun pada beberapa sesi MotoGP Andalusia 2020.

Meskipun pada akhirnya, Marquez tak bisa mengikuti jalanya balapan karena kondisi yang tidak memungkinkan.

Keberanian Marquez mengendarai kuda besai dalam keadaan cedera mengundang perhatian dari mantan duet Valentino Rossi di Yamaha (2003-2007), Colin Edwards.

Dalam sebuah kesempatan, Edwards menilai bahwa kecelakaan yang dialami Marc Marquez pada seri perdana MotoGP 2020 bukanlah kesalahannya.

"Penyebab sesungguhnya dari cederanya Marc Marquez itu bukanlah dirinya sendiri, saya akan memberitahu Anda sedikit rahasia," kata Edwards, seperti dilansir BolaSport.com dari Motosan.

Lebih jauh lagi, pria asal Amerika Serikat itu merasa pebalap asal Spanyol tersebut celaka karena dia terlalu percaya dan mengandalkan perangkat atau komponen elektronik.

Dalam perkembangannya, perangkat elektronik pada MotoGP telah diatur sedemikian rupa dan mencakup ranah yang luas bukan hanya soal traksi motor saja.

Tak ayal, kondisi tersebut membuat para pebalap acap kali lupa bahwa diri sendirilah mempunyai tanggung jawab yang besar untuk mencegah insiden yang berisiko besar terjadi.

"Yang saya katakan adalah ini saat Anda memiliki sistem pendukung pada dasarnya Anda meletakkan hidup Anda di tangannya (elektronik)," kata Edwards menjelaskan.

"Kepercayaan Anda lebih daripada istri Anda, dalam arti tertentu, perangkat elektronik selalu melakukan hal yang sama setiap putaran, ketika sistem itu bermasalah, maka tamatlah," ujar Edwards. (Agung Kurniawan). 

https://www.kompas.com/motogp/read/2020/08/02/23400028/-marc-marquez-celaka-karena-diperbudak-perangkat-elektronik-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke