Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rahasia Valentino Rossi untuk Dongkrak Posisi di FP3 MotoGP 2020 Spanyol

Dalam sesi latihan bebas ketiga yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, Sabtu (18/7/2020) sore WIB itu, Valentino Rossi menempati urutan kedelapan dengan catatan waktu 1 menit 37,112 detik.

Dengan hasil ini, Valentino Rossi mengamankan akses langsung menuju sesi kualifikasi dua (Q2) dalam seri balap MotoGP Spanyol.

Selain itu, menduduki urutan ketiga pada FP3 merupakan peningkatan drastis bagi Rossi, yang pada dua sesi latihan bebas sebelumnya gagal mencapai 10 besar.

Pada sesi latihan bebas pertama, Rossi berada di urutan ke-13 dengan catatan 1 menit 38,118 detik.

Selanjutnya, pebalap asal Italia itu hanya mampu mengakhiri sesi latihan bebas kedua di urutan ke-20.

Keadaan itu membuat Rossi menghabiskan banyak waktu bersama tim Monster Energy Yamaha untuk memperbaiki catatan waktu pada latihan bebas ketiga.

Melansir dari Crash, Rossi bersama timnya mengubah pengaturan motor. Langkah tersebut yang kemudian diyakini menjadi rahasia Rossi untuk mendongkrak posisi pada FP3.

"Hari ini kami (tim Monster Energy Yamaha) membaik karena kami memodifikasi pengaturan motor, dan seluruh kru melakukan pekerjaan dengan baik," kata Rossi.

"Dengan ini, saya bisa meningkatkan kecepatan saya pada FP3. Saya bisa bertahan di 10 besar, itu sangat penting untuk balapan," imbuh dia.

Hasil catatan waktu Rossi pada FP3 sekaligus menjawab keseriusan tim Monster Energy Yamaha dalam menyambut seri perdana MotoGP 2020.

Direktur Tim Monster Energy Yamaha, Massimo Meregalli, sebelumnya mengaku akan berupaya keras untuk menemukan solusi dari buruknya catatan waktu Rossi pada FP2.

"Kami akan bekerja keras menemukan sebuah solusi dan membuatnya (Rossi) lebih nyaman menjalani FP3," ujar Meregalli.

"Kami akan mencoba meraih tempat dengan lolos langsung ke kualifikasi 2 yang merupakan bagian penting dari balapan MotoGP," tutur dia menegaskan.

Komitmen itu pun terbukti dengan hasil catatan waktu Valentino Rossi pada sesi latihan bebas ketiga.

https://www.kompas.com/motogp/read/2020/07/18/18520298/rahasia-valentino-rossi-untuk-dongkrak-posisi-di-fp3-motogp-2020-spanyol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke