Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/05/2024, 16:52 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

Sumber Time.com

KOMPAS.com- Hampir tiga tahun setelah Squid Game menggemparkan dunia, Netflix merilis drama survival baru, The 8 Show.

Berdasarkan webtoon Money Game dan Pie Game, oleh Bae Jin Soo, The 8 Show adalah komedi kelam yang menampilkan delapan orang asing yang dikurung di lokasi yang tidak diketahui.

Delapan individu itu terlilit utang dan semuanya berada di ambang bunuh diri untuk menghindari masalah keuangan mereka.

Karena itu mereka setuju untuk berpartisipasi dalam acara kompetisi realitas misterius dengan harapan memenangkan sejumlah uang yang mengubah hidup.

Premisnya tampaknya cukup sederhana: Para peserta akan dibayar untuk tinggal berdampingan di sebuah kompleks apartemen yang aneh sampai pertunjukannya berakhir.

Baca juga: Bintang Squid Game Bocorkan Tanggal Rilis Season Kedua

Namun, tentu saja, peraturannya sebenarnya sedikit lebih rumit dan kejam.

Rangkuman cerita

Setelah memilih kartu bernomor, setiap pemain ditempatkan di ruangan tanpa perabotan di lantai yang sesuai.

Setiap pemain diberi nama sesuai dengan nama lantai. Lantai 3 /Jin Su (Ryu Jun Yeol), Lantai 8/ Se Ra (Chun Woo Hee), Lantai 7/ Yoo Philip (Park Jeong Min), Lantai 6 (Park Hae Joon), Lantai 5 (Moon Jeong Hee), Lantai 4/ Kim Yang (Lee Yul Eum), Lantai 2 (Lee Zoo Young), Lantai 1 (Bae Seong Woo).

Kedelapan pemain dikurung di kamar mereka dari tengah malam hingga jam 8 pagi, tetapi dapat berkumpul bersama di siang hari di halaman yang berisi jam raksasa yang menghitung mundur jumlah waktu tersisa dalam permainan.

Para pemain mendapatkan uang setiap menitnya. Mereka juga memiliki kemampuan untuk menggunakan dana tersebut untuk membeli apa pun yang mereka inginkan melalui interkom, namun biayanya 1.000 kali lipat dibandingkan biaya di dunia luar.

Baca juga: Deretan Film dan Serial Seru di Netflix 2024, Ada Titik Nol hingga Squid Game 2

Mereka akhirnya menyadari bahwa semakin tinggi lantai yang mereka pilih, akan semakin besar ruangan mereka dan semakin banyak uang yang mereka peroleh per menit, sebuah faktor yang segera menciptakan ketegangan antara lantai atas dan bawah.

Bukan itu saja, mereka juga menyadari bahwa lebih banyak waktu ditambahkan ke jam, memungkinkan mereka menghasilkan lebih banyak uang.

Tayangan The 8 Show seperti Squid Game, yang merupakan kritik terselubung terhadap realitas brutal kapitalisme, yang menekankan bagaimana sistem menghancurkan dari atas ke bawah.

“Daripada menggambarkan dikotomi sederhana antara kebaikan dan kejahatan, serial ini lebih tentang pembentukan dinamika kekuasaan yang muncul ketika masyarakat kecil terbentuk,” kata Han dalam konferensi pers tanggal 10 Mei di Seoul.

Penjelasan akhir The 8 Show

Setelah mayoritas pemain lantai bawah bekerja sama untuk menggulingkan pemerintahan tirani Lantai 8.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com