Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Matrix 5 Resmi Diproduksi dengan Sutradara Baru

Kompas.com - 05/04/2024, 19:06 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com - Warner Bros. telah mengumumkan film kelima The Matrix sedang dalam pengembangan, dengan Drew Goddard dari The Martian sebagai sutradaranya.

Sekuel mendatang akan menjadi film pertama dalam serial ini yang tidak disutradarai Lana atau Lily Wachowski, meskipun Lana ditunjuk sebagai produser eksekutif.

Detail plotnya belum diungkapkan, tetapi presiden produksi Warner Bros. Motion Pictures Jesse Ehrman telah memberikan bocoran bahwa ceritanya akan dibangun di dunia fantasi tanpa menyimpang terlalu jauh dari apa yang membuat serial ini sukses.

Baca juga: The Matrix 5 Siap Digarap dengan Sutradara Baru

“Drew datang ke Warner Bros. dengan ide baru yang kita semua yakini akan menjadi cara luar biasa untuk melanjutkan dunia Matrix, dengan menghormati apa yang dimulai Lana dan Lilly lebih dari 25 tahun yang lalu dan menawarkan perspektif unik berdasarkan kecintaannya pada dunia Matrix. serial dan karakter,” kata Ehrman dalam pernyataannya (via Variety).

“Seluruh tim di Warner Bros. Discovery sangat senang dengan Drew yang membuat film Matrix baru ini, menambahkan visinya ke kanon sinematik yang dibangun oleh Wachowskis selama seperempat abad di sini, di studio,” imbuh Ehrman.

Baca juga: Dicibir Hanya Muncul Sekejap di The Matrix Resurrection, Priyanka Chopra Ngamuk

Goddard menerima nominasi Oscar untuk menulis The Martian, adaptasi fiksi ilmiah dari novel Andy Weir yang disutradarai Ridley Scott dan dibintangi oleh Matt Damon.

Beberapa kredit filmnya yang lain termasuk menulis Cloverfield dan World War Z, serta menjabat sebagai penulis-sutradara di The Cabin In The Woods dan Bad Times At The El Royale.

“Bukan hiperbola untuk mengatakan film The Matrix mengubah dunia perfilman dan hidup saya,” kata Goddard.

Baca juga: Pilih The Matrix 4, Jessica Henwick Tolak Tawaran Membintangi Shang-Chi

“Kesenian Lana dan Lilly yang luar biasa menginspirasi saya setiap hari, dan saya sangat bersyukur atas kesempatan untuk menceritakan kisah di dunia mereka,” imbuh Goddard.

Saat ini tidak jelas apakah pemeran utama Keanu Reeves atau Carrie-Anne Moss akan kembali sebagai Neo dan Trinity.

Waralaba Matrix dimulai pada tahun 1999 dengan apa yang dianggap sebagai salah satu film fiksi ilmiah paling berpengaruh sepanjang masa.

Baca juga: Cara Nonton Film The Matrix Resurrections di HBO Max

Tiga sekuel menyusul: The Matrix Reloaded dan The Matrix Revolutions tahun 2003, dan The Matrix Resurrections tahun 2021.

Film keempat, yang dirilis setelah jeda 18 tahun dan merupakan film pertama yang hanya disutradarai Lana Wachowski, tampil buruk di box office, hanya meraup 159 juta dolar atau setara Rp 2,5 triliun di seluruh dunia dengan anggaran 190 juta dolar atau setara Rp 3 triliun.

Pada saat film tersebut dirilis, seluruh daftar tahun 2021 Warner Bros tersedia secara bersamaan di HBO Max tanpa biaya tambahan, yang sebagian besar berkontribusi pada rendahnya asupan Resurrections.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com