Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sehari Sebelum Ditemukan Meninggal, Lee Sun Kyun Sempat Minta Dilakukan Tes "Lie Detector"

Kompas.com - 27/12/2023, 12:45 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

KOMPAS.com- Sehari sebelum ditemukan meninggal dunia, bintang film Parasite, Lee Sun Kyun sempat meminta dilakukan polygraph test atas kasus penyalahgunaan narkoba yang dihadapinya sejak Oktober 2023. 

Melalui pengacaranya pada 26 Desember 2023, Lee mengajukan ke Unit Investigasi Kejahatan Narkoba di Kantor Polisi Incheon, untuk dilakukan pemeriksaan pendeteksi kebohongan atau lie detector.

"Interogasi ketiga terakhir pada dasarnya adalah sebuah konfrontasi. Polisi melakukan interogasi berdasarkan pernyataan 'A, meminta pendapat Lee," kata pengacara pada Yonhap.

Melalui tes tersebut, Lee Sun Kyun ingin membuktikan tidak bersalah dalam kasus dugaan penyalahgunaan narkoba yang dituduhkan padanya.

Baca juga: Ditemukan Meninggal Dunia, Lee Sun Kyun Disebut Sempat Tulis Surat Mirip Wasiat untuk Istri

Pengacara Lee pernah menekankan ketidakadilan situasi ini bagi aktor tersebut.

"Jika pernyataan 'A benar, pemeriksaan menyeluruh yang dilakukan oleh Layanan Forensik Nasional juga seharusnya memberikan hasil positif, namun Lee menerima hasil negatif," ujar pengacara.

"Dalam situasi yang tidak adil seperti ini, perlu untuk memverifikasi secara ilmiah siapa yang mengatakan kebenaran dengan meminta 'A' juga menjalani tes pendeteksi kebohongan," sambungnya.

Atas permintaan itu, polisi disebut sedang mempertimbangkannya dan diperkirakan akan segera memutuskan apakah akan melakukan tes poligraf.

Baca juga: Bintang Film Parasite, Lee Sun Kyun Meninggal Dunia

Namun belum keluar keputusan itu, Lee Sun Kyun telah ditemukan meninggal dunia pada Rabu (27/12/2023).

Diberitakan sebelumnya, polisi bergerak cepat untuk menemukan Lee Sun Kyun setelah menerima telepon laporan kehilangan dari istri Lee Sun Kyun, aktris Jeon Hye Jin.

Jeon Hye Jin mengaku menemukan surat mirip wasiat yang ditinggalkan suaminya itu.

"Suamiku keluar rumah setelah menulis surat yang menyerupai surat wasiat," demikian ucapan Jeon Hye Jin yang terekam dari panggilan polisi.

Laporan yang diterima pukul 10:12 (waktu setempat) itu langsung ditindaklanjuti polisi yang kemudian menemukan mobil Lee Sun Kyun terparkir di sebuah taman di Jongno-gu pada pukul 10:30.

Baca juga: Agensi Sebut Pemakaman Lee Sun Kyun Akan Digelar Tertutup

Polisi awalnya belum mengonfirmasi bahwa pria yang ditemukan tak bernyawa di dalam mobil adalah Lee Sun Kyun.

Sampai akhirnya mereka mengeluarkan pernyataan resmi dan membenarkan bahwa pria yang ditemukan meninggal di dalam mobil yang terparkir itu adalah bintang film Parasite, Lee Sun Kyun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com