Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prihatin dengan Kondisi Jalur Gaza Jadi Alasan MTV EMA 2023 Batal Gelar Malam Puncak Penghargaan

Kompas.com - 07/11/2023, 13:55 WIB
Andika Aditia

Penulis

Sumber NME


KOMPAS.com – Ajang penghargaan MTV EMA 2023 telah mengumumkan daftar pemenang.

Namun, malam penghargaan yang harusnya digelar pada 5 November 2023 di Paris, Prancis batal dilaksanakan berkait perang yang tengah terjadi antara Hamas dan Israel.

Upacara MTV Europe Music Awards tahun ini dibatalkan karena “volatilitas peristiwa dunia” terkait dengan perang Israel-Hamas yang sedang berlangsung.

Baca juga: MTV EMA 2023 Tetap Umumkan Daftar Pemenang meski Batal Gelar Malam Penghargaan

Upacara malam puncak penghargaan MTV EMA 2023 sedianya akan berlangsung di pusat pameran Paris Nord Villepinte, Paris.

Pihak penyelenggara MTV EMA 2023 mengatakan kondisi yang terjadi di Jalur Gaza bukanlah waktu yang tepat untuk menggelar upacara penghargaan di sisi lain.

“Ini tidak terasa seperti momen untuk perayaan global. Dengan ribuan nyawa yang telah hilang, ini adalah momen berkabung,” kata penyelenggara MTV EMA seperti dilansir NME, Selasa (7/11/2023).

Baca juga: Daftar Lengkap Pemenang MTV EMA 2023, Taylor Swift Terbanyak

Penyelenggara MTV EMA merasa ini bukan waktu yang tepat untuk mengadakan sebuah perayaan secara global di tengah peperangan yang sedang terjadi di Jalur Gaza, Palestina. Sehingga mereka memutuskan untuk membatalkan acara puncak MTV EMA tahun ini.

Selain itu, pihak penyelenggara juga membatalkan “demi kehati-hatian” bagi ribuan karyawan, anggota kru, artis, penggemar, dan mitra MTV EMA yang datang dari banyak negara.

“Yang melakukan perjalanan dari seluruh penjuru dunia untuk menghidupkan pertunjukan tersebut,” kata pihak penyelenggara.

Baca juga: Daftar Nominasi MTV EMA 2023

Meski demikian, pada Minggu (5/11/2023), yang seharusnya menjadi tanggal acara MTV EMA 2023, pihak MTV tetap mengumumkan daftar pemenang dari semua kategori nominasi untuk tahun 2023 ini.

Pengumuman pemenang sendiri dilakukan melalui situs web dan akun resmi media sosial MTV EMA.

Para pemenang ditentukan dari vote atau suara yang diberikan penggemar, termasuk untuk kategori Best Artist dan Best Song.

Ada pun, Taylor Swift menjadi pemenang terbanyak di MTV EMA 2023, mengamankan penghargaan untuk kategori Best Artist, Best Live, dan Best Video.

Baca juga: Taylor Swift Dominasi Daftar Nominasi di MTV EMA 2023

Jungkook, Maneskin dan Nicki Minaj masing-masing memenangkan dua penghargaan.

Jungkook BTS memenangkan kategori Best Kpop dan Best Song untuk lagu “Seven” yang featuring dengan Latto, Maneskin memenangkan Best Rock dan Best Italian Act, sementara Minaj mendapatkan Best US Act dan Best Hip-Hop.

Billie Eilish memenangkan Best Pop Act setelah bersaing dalam nominasi dengan Dua Lipa, Ed Sheeran, Miley Cyrus, Olivia Rodrigo, dan Taylor Swift.

Baca juga: Respons Tiara Andini Saat Tahu Akan Bertemu Jungkook BTS di MTV EMA 2023

MTV EMA 2023 sebelumnya dijadwalkan menampilkan penampilan dari Jungkook, Reneé Rapp, dan Sabrina Carpenter, dan pemenang dari kategori Best Group.

Sementara itu, terdapat kategori nominasi yang belum diumumkan pemenangnya. Seperti nominasi kategori Best Group yang diisi aespa, FLO, Jonas Brothers, Måneskin, NewJeans, OneRepublic. Lalu nominasi kategori BIGGEST FANS yang diisi Anitta, Billie Eilish, BLACKPINK, Jungkook, Nicki Minaj, Olivia Rodrigo, Sabrina Carpenter, Selena Gomez, dan Taylor Swift.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com