Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

16 Tahun Vakum, Gya Anandini Comeback dengan Album Penantian

Kompas.com - 21/06/2023, 20:24 WIB
Cynthia Lova,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Gya Anandini merilis karya baru setelah 16 tahun vakum.

Gya comeback dengan album baru bertajuk Penantian. Sebagai informasi, Gya terakhir merilis album bertajuk Kembali pada tahun 2007.

“Jadi emang kan dari 2004 terus 2007 ada album Semoga Kau Mengerti dan Kembali setelah itu emang aktif banget di dunia musik. Maksudnya emang melanglang buana kan ke seluruh Indonesia,” ujar Gya di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan, Rabu (21/6/2023).

Gya mengatakan, ia vakum lama untuk berfokus pada pendidikan dan keluarga kecilnya.

“Tapi setelah itu Gya lulus SMA tahun 2005 lalu waktu itu kuliah S1 terus lanjut lagi sampai S2. Nah dari situ emang udah enggak bisa bernyanyi kembali karena pastikan kesibukan kuliah, kesibukan punya kerjaan juga segala macam,” lanjut Gya.

Gya akhirnya memutuskan comeback merilis karya lagi setelah tiga anaknya cukup besar dan ia bisa leluasa untuk kembali ke industri musik.

Terlebih anak-anaknya dan sang suami, Rozi telah mengizinkan dan mendukungnya kembali untuk aktif di industri musik.

“Akhirnya setelah menikah udah delapan tahun tuh, baru ngerasa anak-anak sudah besar. Jadi akhirnya oke suami juga mengizinkan untuk kembali bermusik,” ucap Gya.

Pelantun “Semoga Mengerti” ini mengatakan, album Penantian ini sudah mulai diproses sedikit demi sedikit dari tahun 2020 ketika Gya merilis lagu “Kau Cinta Matiku.”

Gya mengatakan, proses pembuatan album Penantian ini tidak mudah. Sebab saat itu sedang ada pandemi Covid-19.

Sehingga ia dan timnya menemui hambatan untuk memproduksi lagu-lagu dalam album Penantian cukup kesulitan.

“Terus juga Gya terkena penyakit autoimun yang itu nyerang juga ke jantung, ke kaki Gya jadi emang sekarang tuh enggak bisa lama-lama pakai heels terus juga kalau udah capek tuh ngerasa sesak,” kata Gya.

Sampai akhirnya perlahan Gya melakukan pengobatan dan kini kondisinya membaik, ia pun mulai memberanikan diri untuk comeback ke industri musik.

“Tapi perlahan udah dapat dokter yang cocok perbaikan segala macam akhirnya bisa lagi pelan-pelan nyanyi, dengan kondisi yang udah mulai membaik jadi udah berani lagi nih muncul gitu,” tutur Gya.

Berkat dukungan sahabat-sahabatnya, yakni Tohpati, Badai Eks Kerispatih, Dennis F Franklin Nussy, Rifqy Fajrurramdhani dan lain-lainnya, Gya berhasil merampungkan dan merilis albumnya.

Album Penantian itu berisi tujuh lagu yakni “Kau Cinta Matiku,” “Demi Cinta,” “Seperti Mereka,” “Menunggumu Pulang,” single kolaborasi dengan Bayu Risa yakni “Jantung Hatiku” dan “Habis Waktu.”

Album Penantian ini juga dirilis bertepatan dengan ulang tahun ke-11 pernikahannya dengan sang suami, Rozy.

Lagu-lagu dari album Penantian ini sudah bisa didengarkan di berbagai digital platform streaming Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com