Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PAPPRI Gelar Konser Akbar Hari Musik Nasional, Hadirkan 100 Vokalis dan 100 Keyboardis

Kompas.com - 16/03/2023, 20:57 WIB
Vincentius Mario,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) siap menghelat konser akbar bertajuk Konser Bersratus pada Sabtu (18/3/2023) di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan.

Konser yang digelar untuk merayakan Hari Musik Nasional itu adalah hasil kolaborasi PAPPRI bersama DSS (Don Sistem Suara) dan KUBI (Kibordis Untuk Bangsa Indonesia).

Ketua Pelaksana Konser Bersratus, Once Mekel, menyebut ada 100 penyanyi dan 100 keyboardis yang akan hadir nantinya.

Baca juga: Once Mekel Ingin Bernegosiasi dengan Ahmad Dhani, tetapi Ada Syaratnya

“Ada 100 penyanyi, 100 kibordis dan musisi pendukung lainnya yang akan tampil. Mereka berasal dari berbagai genre musik, mulai dari musik tradisi, musik berbahasa daerah, pop, rock hingga musik jazz. Semua mencerminkan tekad kita bersama, bahwa musik Indonesia keren,” kata Once Mekel dalam konferensi pers di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (16/3/2023).

Once menyinggung pentingnya arti Hari Musik Nasional bagi musisi.

Oleh karenanya, konser ini untuk membuat Hari Musik Nasional lebih dikenal masyarakat.

Baca juga: Lirik Lagu Untuk Kita, Lagu Terbaru dari Once Mekel

"Kami ingin semangat Hari Musik Nasional itu bisa dirasakan, diresapi lebih banyak masyarakat Indonesia. Karena Hari Musik Nasional ini terus terang belum terlalu populer, sekalipun sudah ada sejak 20 tahun lalu," ujar Once.

"Kami ingin ambil momentum, memasyarakat dulu. Banyak orang mengenal, kemudian merayakannya," lanjutnya.

Adapun konser itu bisa disaksikan oleh siapapun, tanpa dipungut biaya.

Baca juga: Once Mekel Amati Kinerja LMKN dan Minimnya Kesadaran Musisi tentang Royalti

"Kalau ingin rayakan secara berbayar, itu bagus. Dalam hal ini kami ingin membuat satu konsep terbuka dengan kebersamaan, supaya menikmati misi dalam Hari Musik Nasional bahwa musik Indonesia adalah pemersatu bangsa," tutur Once.

Ketua Umum PAPPRI Tony Wenas menyebut pihaknya memiliki peran penting dalam mendorong perbaikan ekosistem musik di Tanah Air, termasuk dengan cara menyelenggarakan konser akbar tersebut.

“PAPPRI yang turut menginisiasi dan mendorong penetapan Hari Musik Nasional berkepentingan memanfaatkan momentum ini untuk lebih menggerakkan kesadaran dan apresiasi segenap elemen masyarakat mengenai pentingnya musik dalam keseharian, untuk masa depan," ujar Tony Wenas.

Adapun 100 vokalis Indonesia yang bakal hadir terdiri dari Sandhy Sondoro, Once Mekel, Marcell Siahaan, Vina Panduwinata, Sarah Fajira, Andre Hehanussa, Reza Artamevia, Iwa K, Endah & Rhesa, Elfa’s Singer, Pasto, Tony Wenas, Tantowi Yahya dan masih banyak lagi.

Sementara 100 keyboardis, antara lain Dwiki Dharmawan, Candra Darusman, Adri Adrian Kla, Fariz RM., Albert Alphiano, Andi Bayou, Arif Ginda, Adri Prematura, Alfin Presley, Agus Hardiman, Ahmad Syarif, Airin Aditya, Andi Sujadi, dan masih banyak lainnya.

"KONSER BERSRATUS ini kami persembahkan sebagai langkah untuk mencapai cita-cita besar, mengajak segenap rakyat Indonesia bernyanyi di setiap perayaan Hari Musik Nasional, setiap tanggal 9 Maret," tutup Dwiki Dharmawan, Sekjen PAPPRI.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com