Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kesehatan, Netflix, BBC, dan ITV Larang Korset

Kompas.com - 03/03/2023, 14:19 WIB
Andika Aditia

Penulis

Sumber Metro

KOMPAS.com – Tiga penyedia jasa konten dan siaran, yakni Netflix, BBC, dan ITV melarang penggunaan korset pada konten yang mereka tayangkan.

Drama seri seperti Bridgerton mungkin membuang salah satu item kostum yang paling dikenal - korset - setelah khawatir melukai aktor.

Korset dipakai untuk menahan dan membentuk tubuh agar terlihat lebih kecil.

Pakaian ini berasal dari zaman Yunani kuno, tetapi menjadi pakaian utama di era Victoria, yang dimulai pada tahun 1830an.

Baca juga: Millie Bobby Brown Sebut Proses Syuting Enola Holmes 2 Lebih Mudah karena Tanpa Korset

Mereka telah digunakan dalam banyak drama seri dalam beberapa dekade terakhir, termasuk Bridgerton, Downton Abbey dan Pride and Prejudice Adaptations.

Tetapi sekarang beberapa jaringan dan layanan streaming melarangnya.

Dalam suatu langkah untuk menenangkan aktor muda, mereka sekarang akan diizinkan untuk mengenakan pakaian dalamnya sendiri alih-alih pakaian dalam yang membatasi.

“Korset terkenal membatasi, dan banyak aktris telah mengeluh kepada departemen pakaian tentang kerusakan, baik jangka pendek maupun panjang, dilakukan setelah 12 hingga 14 jam sehari memakainya di lokasi syuting," kata seorang sumber kepada The Sun seperti dikutip Kompas.com, Jumat (3/3/2023).

Baca juga: Jennie BLACKPINK Pakai Korset Buatan Desainer Indonesia di MV Shut Down

"Pada dasarnya, ada masalah kesehatan dan keselamatan tentang menjaga wanita dalam korset yang mengimpit selama berminggu-minggu pada suatu waktu."

Produser Bridgerton dilaporkan baru-baru ini memberi tahu para pemeran bahwa mereka tidak akan lagi diminta untuk memakai korset, namun Netflix tidak mengkonfirmasi jika korset adalah akar pelarangannya masalahnya.

Dilaporkan juga bahwa ITV dan BBC turut melakukan pelarangan korset.

Tahun lalu aktris Bridgerton Simone Ashley, yang memerankan Kate Sharma di musim kedua, mengungkapkan mengenakan korset adalah pengalaman yang sangat tidak nyaman.

“Saya menyadari ketika Anda memakai korset, Anda tidak makan. Itu mengubah tubuh Anda," katanya kepada Glamour.

Baca juga: Bekas Operasi Sudah Kering, Ari Lasso Selalu Pakai Korset karena Ini

Dia bukan satu-satunya bintang yang berbicara tentang rasa sakit yang dibawa oleh potongan kostum, dengan Emma Stone mengatakan hal sama pada tahun 2018 saat mengenakan korset.

Emma Stone juga mengatakan dia “tidak bisa bernapas” saat mengenakannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com