Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Mona Ratuliu Saat Tahu Anaknya Alami Depresi

Kompas.com - 06/02/2023, 16:33 WIB
Cynthia Lova,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis Mona Ratuliu menceritakan awal mula tahu anak sulungnya, Davina Syafa Felisa atau Mima mengalami depresi.

Mona mengatakan, tanda-tanda Mima mengalami depresi sejak berusia dua belas tahun tahun. Awalnya, tanda-tanda yang dialami Mima adalah kerap sakit asam lambung.

“Sejak dia umur dua belas tahun sudah mulai asam lambung, bolak balik UGD karena sesak. Cuma waktu itu kami enggak tahu itu apa, tapi sempat kami bawa ke dokter ini dokter itu,” kata Mona di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (6/2/2023).

Baca juga: Bentuk Dukungan Mona Ratuliu untuk Anak Sulungnya yang Sempat Alami Depresi

Sampai pada saat Mima duduk di bangku SMA, Mona mulai mengetahui anaknya itu mengalami panic attack. Ia pun langsung membawa Mima ke psikolog untuk pertolongan pertama.

Saat tahu ada masalah di kesehatan mental anaknya, Mona bahkan tidak terlalu terkejut karena ia sudah mengetahui tanda-tanda depresi yang dialami Mima sejak lama.

“Terus pas SMA dia sudah mulai panic attack, bolak balik ke psikolog, itu sebenarnya sudah panjang. Jadi pas kejadian enggak kaget-kaget banget karena memang sudah ada prosesnya. Jadi berusaha memahami prosesnya sudah lama,” ucap Mona.

Baca juga: Mona Ratuliu Ungkap Kondisi Putri Sulungnya yang Pernah Alami Depresi

“Makanya alhamdulillah setelah sudah jelas kondisinya seperti apa, malah lebih jelas lagi treatment-nya seperti apa,” lanjut Mona.

Tak hanya ke psikolog, Mona mengatakan, anaknya juga berobat ke psikiater dan diberikan beberapa obat.

Setelah menjalani konsultasi ke psikolog dan pengobatan di psikiater, Mona mengatakan kondisi Mima kini sudab stabil.

“Kita kan orangtua cuma bisa dampingi, support kasih fasilitas yang bisa handle kan profesional, jadi ya sudah. Dia udah lama sih ke psikolog, tapi ternyata butuh penanganan psikiater juga, minum obat juga, gitu jadi selama ini butuh treatment-treatment untuk bisa menjalani kualitas hidup yang baik,” ucap Mona.

Baca juga: Kembali Berakting, Mona Ratuliu Dapat Banyak Tawaran Series hingga Film

“Sekarang kondisinya udah bagus banget, udah sangat stabil, sudah bisa melakukan aktivitas,” tutur Mona.

Sebagai informasi, pada tahun 2022 lalu, Mima pernah mengaku memiliki masalah kesehatan mental hingga nyaris melakukan percobaan bunuh diri. Gadis berusia 19 tahun ini mengaku mengalami depresi selama tujuh tahun terakhir.

Mima mengunggah video yang berisi cuplikan foto-foto saat dirinya berada di titik terendah.

Di awal video, Mima memberikan peringatan kalau video tersebut mengandung konten percobaan bunuh diri dan depresi.

Baca juga: Mona Ratuliu Berharap Segera Pindah ke Rumah Baru

Pada beberapa foto, Mima menangis dan mengaku ingin kembali merasakan kebahagiaan. Ia mengaku lelah karena memiliki masalah kesehatan mental. ?Mima sampai dilarikan ke rumah sakit dan menunjukkan perban pada pergelangann tangannya.

Mima mengaku sebenarnya ia telah mengenal tentang kesehatan mental sejak duduk di bangku sekolah menengah pertama beberapa tahun lalu.

Sampai pada Juli 2022 lalu, ia sempat ingin mengakhiri hidupnya. Untungnya karena dukungan keluarga dan teman-teman yang menyayanginya, kondisi Mima makin membaik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com