Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/12/2022, 15:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengisi suara Pak Ogah dalam serial anak-anak Si Unyil, Abdul Hamid, sudah empat tahun belakangan ini bolak-balik ke rumah sakit.

Pak Ogah diketahui mengidap penyumbatan darah di otak. Hal tersebut membuatnya kesulitan saat berbicara. Bahkan, belakangan ini menjalani perawatan di rumah sakit akibat penyakit stroke.

Istri Pak Ogah, Yuyun mengaku kadang kala ia kesulitan biaya untuk perawatan suaminya, makan, hingga popok setiap harinya.

Baca juga: Kondisi Pak Ogah Menurun, Susah Makan dan Minum

“Kalau di rumah sakit untuk pembayaran pakai BPJS Alhamdulillah, tapi kan tetap aja enggak cukup buat rumah sakit aja. Seperti Pak Ogah ini dari dulu makannya enggak mau dari rumah sakit,” kata Yuyun saat dihubungi Kompas.com, Minggu (4/12/2022).

“Di rumah juga sama, enggak mau masakan rumah harus dibeli gitu. Kayak minumnya enggak sama kayak kita kayak aqua gelas waktu sehat. Kalau sekarang sudah enggak mau, terus sekarang teh kemasan. Sekarang obat sakit gatal atau apa gitu. Aku beli obat-obatan ada aja yang dibeli,” lanjut Yuyun.

Meski kadang kala kesulitan untuk biaya perawatan suaminya, Yuyun bersyukur ada beberapa orang yang baik pada keluarganya.

Baca juga: Momen Tak Biasa Saat Istri Beri Kejutan Ulang Tahun ke-74 untuk Pak Ogah

Seperti, penggemar dari Pak Ogah yang menyumbangkan dana.

“Kadang-kadang ibu suka kebingungan (biaya) cuma ya Alhamdulillah terutama fans di Instagram itu selama hampir 4 tahun ada aja yang donasi gitu. Padahal bukan di usianya yang dia nonton Si Unyil di TVRI, bukan,” ucap Yuyun.

“(Mereka bilang) ‘ibu terima kasih Pak Ogah sudah menghibur ibu dan bapak saya’. Itu kan masih remaja atau kuliah. Walaupun ngasih Rp 50.000, Rp 100.000 cuma dalam empat tahun suka dapat aja,” lanjut Yuyun.

Baca juga: Pulang dari Rumah Sakit, Kondisi Kesehatan Pak Ogah Menurun

Dari kalangan selebritas pun ada juga yang membantu Pak Ogah. Yuyun menyebut Melanie Subono ikut membantu Pak Ogah.

Tak hanya Melanie Subono, ada juga seorang pengusaha yang membantu Pak Ogah.

“Ini artis yang dari pas sakit itu Melanie Subono bantu pampers, dia selalu kirim, bayar listrik dia selalu bayarin,” kata Yuyun.

“Terus di rumah sakit pas pulang enggak tahu orang mana tapi kayaknya dia pengusaha, di rumah sakit mungkin dia juga tahu ibu ini BPJS. (Orang ini bilang) ‘Ibu saya mau bantu untuk akomodasi itu transfer ke ibu. Begitu pulang ibu ditransfer lagi. Alhamdulillah,” tutur Yuyun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+