Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imigrasi Amankan WN Korsel Promotor Konser K-Pop We Are All One

Kompas.com - 24/11/2022, 14:00 WIB
Firda Janati,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang warga negara (WN) Korea Selatan (Korsel) dengan inisial PJ diamankan Ditjen Imigrasi pada Senin (21/11/2022) atas dugaan penipuan dan pelanggaran izin tinggal di Indonesia.

PJ merupakan promotor Konser K-Pop We All Are One yang semula acara akan diselenggarakan pada 11 dan 12 November 2022.

PJ yang masuk ke Indonesia menggunakan Visa on Arrival (VOA) ditindak tegas imigrasi karena sudah merugikan masyarakat Indonesia.

"Saya sudah perintahkan Direktur Wasdak (Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian) agar tegas dan tetap berpegang pada aturan hukum dalam menangani kasus tersebut, karena sudah banyak masyarakat Indonesia yang dirugikan karena sudah telanjur membeli tiket," jelas Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Imigrasi, Widodo Ekatjahjana dikutip dari siaran pers, Kamis (24/11/2022).

Baca juga: Konser Musik We All Are One Ditunda, Kpopers Resah Minta Refund Tiket

Sebelumnya, empat orang WN Korsel ditangkap petugas imigrasi pada Senin di pusat perbelanjaan di daerah Jakarta Selatan.

Mereka ditangkap atas dugaan penyalahgunaan VOA untuk bekerja.

Dari hasil pemeriksaan diketahui bahwa ternyata mereka adalah anggota tim kreatif yang didatangkan PJ dari Korea Selatan untuk acara yang berbeda.

Penangkapan ini membawa petugas imigrasi kepada PJ, yang kemudian turut diamankan.

PJ kedapatan menggunakan VOA untuk bekerja di Indonesia, di samping melakukan dugaan tindakan penipuan.

"Hingga saat ini kasus masih kami dalami dan sedang dilakukan pemeriksaan terhadap pihak-pihak terkait. Saya menghimbau masyarakat untuk berhati-hati dengan modus penipuan melalui konser-konser K-Pop seperti ini," pungkas Widodo.

Lebih lanjut Widodo juga memohon kerjasama dari pihak Kedutaan Besar negara untuk membantu imigrasi dalam mengantisipasi pelanggaran hukum oleh orang asing di Indonesia.

Adapun pada 5 November lalu, pihak penyelenggara konser melalui melalui akun instagram resmi mereka @weareallone_official mengumumkan adanya pengunduran konser hingga Januari 2023.

Ketidakjelasan tersebut mengundang amarah penonton yang sudah membeli tiket.

Hingga saat ini para penonton terus membagikan twit dengan hashtag #weallareone_refundmymoney agar PJ sebagai CEO bertanggung jawab atas perbuatannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com