Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Film Rumah Kaliurang, Angkat Kisah Horor di Jogja

Kompas.com - 26/10/2022, 09:37 WIB
Revi C. Rantung,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Rumah produksi Im-a-gin-e yang bekerja sama dengan Bioskop Online merilis film terbaru berjudul Rumah Kaliurang.

Film ini sudah bisa disaksikan melalui platform Bioskop Online mulai Selasa (25/10/2022).

Kompas.com merangkum fakta tentang film Rumah Kaliurang sebagai berikut.

Baca juga: Main Film Rumah Kaliurang, Erika Carlina: Ingin Tahu Kegilaan Mas Dwi Sasono

1. Debut Dwi Sasono jadi sutradara

Film ini menjadi debut bagi aktor Dwi Sasono menjajal kursi sebagai sutradara. Namun Dwi Sasono tetap dibantu oleh sutradara Dondy Adrian.

Dwi Sasono menuturkan bahwa ini menjadi kesempatan langka buatnya berada di belakang layar.

“Karena yang pasti ada kesempatan ke sana (jadi sutradara). Ini orang nekat bikin film ini, Pak Chetan nekat. Siapa yang mau syuting di rumah angker,” kata Dwi Sasono dalam jumpa pers di CGV FX Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (25/10/2022).

Sampai akhirnya Dwi Sasono mau menerima tawaran menjadi sutradara untuk menggarap film yang mengusung genre horor ini. Meskipun suami Widi Mulia ini melawan rasa rakut saat proses syuting film horor ini.

Baca juga: Dipercaya Sutradarai Rumah Kaliurang, Dwi Sasono Sempat Ketakutan

Dwi Sasono dalam jumpa pers di CGV FX Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (25/10/2022). Kompas.com/Revi C Rantung Dwi Sasono dalam jumpa pers di CGV FX Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (25/10/2022).

2. Angkat kisah asli rumah angker yang melegenda

Film Rumah Kaliurang mengangkat kisah nyata dari rumah yang terkenal angker di kawasan Kaliurang, Yogyakarta.

Chetan A Samtani selaku produser tertarik mengenai cerita tentang rumah angker tersebut, kemudian menuangkannya ke dalam film.

“Karena banyak cerita di rumah itu dan banyak orang yang berpandangan tentang rumah itu. Jadi itu yang membuat saya terinspirasi membuat film Rumah Kaliurang,” ungkap Chetan.

Baca juga: Main Film Rumah Kaliurang, Shareefa Daanish: di Sini Suasananya yang Menakutkan

Deretan pemain film Rumah Kaliurang dalam jumpa pers di CGV FX Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (25/10/2022). Kompas.com/Revi C Rantung Deretan pemain film Rumah Kaliurang dalam jumpa pers di CGV FX Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (25/10/2022).


3. Hadirkan Randy Pangalila hingga Erika Carlina

Film Rumah Kaliurang menggandeng deretan aktor terkenal.

Mereka adalah Shareefa Daanish, Randy Pangalila, Wafda Saifan Lubis, Erika Carlina, dan Khiva Iskak.

Shareefa Daanish dan Erika Carlina pun blak-blakan mengenai alasan mau terlibat dalam film ini. Salah satunya lantaran keberadaan Dwi Sasono dibangku sutradara.

“Tentunya karena sutradaranya Dwi Sasono. Kalau tantangannya main film ini ngejar mereka yang duluan reading gimana, cara membangun chemsitry gimana, soalnya kita ceritanya sahabat yang dekat banget,” tutur Shareefa.

Sementara bagi Erika Carlina, ia ingin mengetahui ‘kegilaan’ Dwi Sasono dalam men-direct sebuah film.

“Dapat tawaran dari manajer aku, ada satu film yang sutradarai Mas Dwi Sasono, aku tuh pengagum Mas Dwi karena ngefans sama kegilaannya. Aku pengin tahu sampai mana kegilaan Mas Dwi,” kata Erika Carlina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com