Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTS Masuk Daftar 50 Album Konsep Terbaik Sepanjang Masa Versi Rolling Stone

Kompas.com - 13/10/2022, 10:48 WIB
Revi C. Rantung,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

Sumber Soompi

JAKARTA, KOMPAS.com - Boy group BTS kembali menorehkan prestasi di kancah musik dunia.

Dilansir Soompi, Kamis (13/10/2022), BTS baru saja menempatkan nama mereka dalam daftar 50 Album Konsep Terbaik Sepanjang Masa versi Rolling Stone.

Diketahui pada 12 Oktober, Rolling Stone merilis daftar 50 konsep album terbaik sepanjang sejarah musik yang mencakup berbagai genre, seperti rock klasik, R&B, punk hingga hip hop.

Baca juga: 6 Momen Menarik dari Live Ultah Jimin BTS di Weverse

Album BTS yang masuk dalam daftar itu ialah Map of The Soul: 7 yang tertera di urutan ke-25.

Adapun Rolling Stone memilih puluhan album itu berdasarkan konsep sebagai album tematik, diikat bersama dengan suasana hati yang sangat spesifik atau lagu-lagu yang saling berhubungan.

“Untuk membuatnya menjadi yang teratas dalam daftar, sebuah album harus memiliki konsep yang ketat dan musik yang luar biasa,” tulis Rolling Stone.

Baca juga: Tagar Happy Birthday Jimin BTS Menggema, Trending di Twitter

Album Map of The Soul: 7 juga mendapat pujian dari Michelle Hyun Kim lantaran menggunakan istilah-istilah dari filosofi Jungian untuk melukis lengkap para anggota diri BTS.

“Sebelum BTS, beberapa idola pop telah berusaha untuk mengungkapkan kecemasan...,” tulis Michelle Hyun Kim.

“Tetapi dengan lagu-lagu 'Map of the Soul: 7' yang menyayat hati, seperti 'Black Swan', Bangtan Boys membuka fasad panggung mereka, memperlihatkan ketakutan mereka yang dipicu oleh ketenaran dengan introspeksi yang tajam," tambahnya.

Selain itu, album Map of the Soul: 7 juga berhasil dikenal secara komersial serta mencapai nomor satu lebih dari 20 negara. Album ini pun menjadi paling laris pada 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com