Kompas.com - 04/10/2022, 16:28 WIB
Penulis Firda Janati
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Fanbase boy group BTS di Indonesia, ARMY Indonesia, menggalang dana untuk para korban tragedi kericuhan Stadion Kanjuruhan.

Berdasarkan pantauan Kompas.com pada Selasa (4/10/2022) sore, penggalanang dana yang diinisiasi BTS ARMY Project Lombok via laman kitabisa.com ini sudah mencapai Rp 447 juta dalam waktu kurang dari 24 jam.

Dalam informasi di penggalangan dana "ARMY INDONESIA UNTUK KORBAN KANJURUHAN" tersebut dijelaskan bahwa ARMY juga turut beduka atas kepergian ratusan orang di tragedi tersebut.

Baca juga: Sambut Ultah Jimin BTS, Penggemar dari Seluruh Dunia Buat Kegiatan Positif

"Korban meninggal dunia di pertandingan Arema versus Persebaya pada Sabtu 1 Oktober 2022 tersebut tak sekadar angka, di dalamnya ada keluarga yang kehilangan pasangan dan buah hatinya," demikian isi keterangan campaign, dikutip Kompas.com, Selasa.

Penggalangan dana itu dibuat sebagai bentuk empati dan solidaritas antar keluarga satu Tanah Air, satu Bangsa Indonesia.

"Kami ingin mengajak seluruh ARMY di Indonesia dan juga seluruh masyarakat untuk membantu dan mengirim do'a sebanyak-banyaknya bagi para korban," sambung keterangan tersebut.

Baca juga: Big Hit Music Tempuh Jalur Hukum Terkait Pencemaran Nama Baik BTS

Bantuan dari ARMY akan disalurkan untuk santunan bagi keluarga korban, sebagai modal usaha bagi keluarga yang kehilangan sosok tulang punggung keluarga dan santunan pendidikan bagi anak-anak yang ditinggalkannya.

Nantinya dana hasil donasi akan disalurkan langsung oleh tim ARMY Malang.

"Terima kasih untuk para base ARMY di Kota manapun yang sudah ikut membantu sebagai media partner dan seluruh ARMY yang sudah berdonasi," pungkas keterangan campaign ARMY untuk Kanjuruhan.

Baca juga: Jungkook BTS Ulang Tahun Ke-25, ARMY Rayakan dengan Aksi Sosial

Selain penggalangan dana, ARMY Indonesia juga membuka bantuan atau layanan hukum dan pendampingan psikologis untuk para korban Kanjuruhan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.