Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ARMY Indonesia Galang Dana untuk Korban Tragedi Kanjuruhan, Total Capai Rp 447 Juta

Kompas.com - 04/10/2022, 16:28 WIB
Firda Janati,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Fanbase boy group BTS di Indonesia, ARMY Indonesia, menggalang dana untuk para korban tragedi kericuhan Stadion Kanjuruhan.

Berdasarkan pantauan Kompas.com pada Selasa (4/10/2022) sore, penggalanang dana yang diinisiasi BTS ARMY Project Lombok via laman kitabisa.com ini sudah mencapai Rp 447 juta dalam waktu kurang dari 24 jam.

Dalam informasi di penggalangan dana "ARMY INDONESIA UNTUK KORBAN KANJURUHAN" tersebut dijelaskan bahwa ARMY juga turut beduka atas kepergian ratusan orang di tragedi tersebut.

Baca juga: Sambut Ultah Jimin BTS, Penggemar dari Seluruh Dunia Buat Kegiatan Positif

"Korban meninggal dunia di pertandingan Arema versus Persebaya pada Sabtu 1 Oktober 2022 tersebut tak sekadar angka, di dalamnya ada keluarga yang kehilangan pasangan dan buah hatinya," demikian isi keterangan campaign, dikutip Kompas.com, Selasa.

Penggalangan dana itu dibuat sebagai bentuk empati dan solidaritas antar keluarga satu Tanah Air, satu Bangsa Indonesia.

"Kami ingin mengajak seluruh ARMY di Indonesia dan juga seluruh masyarakat untuk membantu dan mengirim do'a sebanyak-banyaknya bagi para korban," sambung keterangan tersebut.

Baca juga: Big Hit Music Tempuh Jalur Hukum Terkait Pencemaran Nama Baik BTS

Bantuan dari ARMY akan disalurkan untuk santunan bagi keluarga korban, sebagai modal usaha bagi keluarga yang kehilangan sosok tulang punggung keluarga dan santunan pendidikan bagi anak-anak yang ditinggalkannya.

Nantinya dana hasil donasi akan disalurkan langsung oleh tim ARMY Malang.

"Terima kasih untuk para base ARMY di Kota manapun yang sudah ikut membantu sebagai media partner dan seluruh ARMY yang sudah berdonasi," pungkas keterangan campaign ARMY untuk Kanjuruhan.

Baca juga: Jungkook BTS Ulang Tahun Ke-25, ARMY Rayakan dengan Aksi Sosial

Selain penggalangan dana, ARMY Indonesia juga membuka bantuan atau layanan hukum dan pendampingan psikologis untuk para korban Kanjuruhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com