Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Film Week Siap Hadir pada Oktober 2022

Kompas.com - 16/09/2022, 19:42 WIB
Firda Janati,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jakarta Film Week (JFW) kembali digelar tahun ini pada 13-16 Oktober 2022 secara daring dan luring.

Peluncuran JFW 2022 yang dihadiri oleh Gumilar Ekalaya selaku Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta diadakan di CGV FX Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (16/9/2022).

Jakarta Film Week 2022 mengusung tema Emerge, diinisiasi oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta.

"Di tahun kedua penyelenggaraannya, Jakarta Film Week mengusung tema Emerge karena pandemi sudah mereda, saat ini kita bisa melihat kesempatan baru," ujar Gumilar didukung oleh Dinas Pariwisata dan Eko Ekalaya.

Baca juga: Jakarta Film Week Kembali Hadir, Digelar 13-16 Oktober

Tema tersebut diusung dengan harapan festival ini bisa menjadi wadah untuk atau kemunculan baru bagi para filmmaker.

"Semoga di tahun-tahun berikutnya festival film bertaraf internasional ini tetap hadir meramaikan industri perfilman," tutur Gumilar.

Hal senada juga diucapkan Novi Hanabi selaku Program Manajer JFW 2022 yang menyebut adanya semangat dalam festival ini.

"Semoga program-program yang kami tawarkan di Jakarta Film Week tahun ini turut mengambil andil besar bagi perkembangan industri film bagi Tanah Air maupun internasional," ujar Novi Hanabi.

Tahun ini Jakarta Film Week masih memiliki dua program utama, yaitu program pemutaran film dan non pemutaran film.

Baca juga: Serba-serbi Menarik dari Festival Jakarta Film Week 2021

Program pemutaran film akan terdiri dari tiga program, yaitu Global Feature, Global Short, dan Jakarta Film Fund.

Dalam program pemutaran film juga akan ada sesi kompetisi yang terdiri dari Feature Award, Direction Awards, Global Short Award, Jakarta Film Fund Award, Global Animation Awards, dan Series of The Year.

Sementara program non pemutaran film, terdiri dari; Masterclass, Talks, Community, Jakarta Film Fund, Road to Jakarta Film Week.

Acara ini berkolaborasi dengan instansi berbentuk diskusi dan bincang dengan praktisi industri film.

Selain diskusi dan bincang dengan praktisi industri film, "Road to Jakarta Film Week" juga berupa penayangan 24 film pendek secara eksklusif di Vidio.com, hasil kolaborasi dari instansi edukasi film di Indonesia, dan Exhibition.

Satu program terbaru lainnya di tahun ini yaitu "Producer's Lab", Program hasil kolaborasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia dan Platform BUSAN.

Program tersebut secara eksklusif memfasilitasi para produser film Indonesia untuk siap berkompetisi secara lokal dan internasional.

Jakarta Film Week 2022 secara luring akan diadakan di 3 lokasi berbeda, yaitu CGV Grand Indonesia dan Kineforum Taman Ismail Marzuki untuk program pemutaran film dan non pemutaran film, Ashley Hotel untuk Program Producer's Lab.

Sementara penyelenggaraan secara daring akan tayang secara eksklusif di Vidio.com.

Seluruh program dan informasi terkait Jakarta Film Week sudah dapat diakses di laman www.jakartafilmweek.com dan Instagram @jakartafilmweek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com