Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Aktor Korea yang Sukses Perankan Karakter Autistik

Kompas.com - 26/08/2022, 09:18 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aktor memiliki profesi untuk memainkan peran orang lain dalam sebuah cerita seni pertunjukan. Tidak mengherankan jika profesi ini selalu dihadapkan pada tantangan untuk mewujudkan karakter fiksi secara nyata.

Hal yang sama juga dialami para aktor asal Korea Selatan (Korsel). Beberapa aktor Korsel bahkan mampu berakting sangat baik sampai membuat penonton lupa bahwa mereka sebenarnya memiliki sifat bertolak belakang dengan karakter yang diperankan.

Mereka bahkan bisa sangat luwes dalam membawakan berbagai karakter, mulai dari penjahat, jaksa, hingga seseorang dengan kelainan mental atau autisme.

Padahal, memerankan sosok autisme tidaklah mudah. Bahkan, ekspresi wajah, gestur tubuh, hingga pengucapan dialog harus dilakukan secara detail.

Peran penyandang autisme menjadi hal heboh belakangan ini. Hal ini tak lepas dari booming atau begitu populernya drama Korea (drakor) Extraordinary Attorney Woo yang tayang di Netflix.

Melansir Cosmo.ph, Sabtu (6/8/2022), berikut tiga aktor Korsel yang sukses memerankan karakter penyandang autisme.

Baca juga: Tanda-tanda dan Penyebab Autisme

1. Park Eun Bin - Extraordinary Attorney Woo

Aktris Park Eun Bin berperan sebagai pengacara Woo Young Woo dalam drama Extraordinary Attorney Woo.Netflix Aktris Park Eun Bin berperan sebagai pengacara Woo Young Woo dalam drama Extraordinary Attorney Woo.

Meroketnya rating serial Extraordinary Attorney Woo tidak lepas dari peran sang pemeran utama, yaitu Woo Young Woo (Park Eun Bin).

Woo Young Woo digambarkan sebagai pengacara muda pengidap autism spectrum disorder (ASD). Meski demikian, ia dikenal sebagai pribadi jenius yang memiliki intellectual quotient (IQ) sangat tinggi mencapai 164.

Melansir Soompi, Park Eun Bin diketahui sempat menolak tawaran untuk memerankan karakter Woo Young Woo. Sebab, ia khawatir jika aktingnya bisa melukai perasaan orang pengidap ASD maupun keluarga mereka.

Berkat dukungan dari sutradara dan penulis drama Extraordinary Attorney Woo, akhirnya Eun Bin setuju membintangi drama ini sebagai pemeran utama.

Tak disangka, akting apik Eun Bin mampu meraih hati penonton hingga membuat rating Extraordinary Attorney Woo mencapai 14,6 persen.

Baca juga: Extraordinary Attorney Woo Tamat, Rating Melejit hingga Rencana Lanjut ke Musim Kedua

2. Tang Joon Sang - Move to Heaven

Karakter Tang Joon Sang di serial Move to Heaven.
DOK. IMDb Karakter Tang Joon Sang di serial Move to Heaven.

Sebelum Extraordinary Attorney Woo mengudara, penggemar drakor sudah lebih dibuat gemas dengan karakter Han Geu Ru (Tang Joon Sang) dalam serial Move to Heaven.

Sama seperti Woo Young Woo, Tang Joon Sang adalah seorang pemuda berusia 20 tahun yang menderita sindrom Asperger.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com