Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usaha Joko Anwar Cari Rusun untuk Pengabdi Setan 2: Communion hingga 4 Bulan

Kompas.com - 05/08/2022, 14:31 WIB
Baharudin Al Farisi,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Joko Anwar menceritakan bagaimana ia dan kru  mencari rumah susun (susun) untuk dijadikan latar film Pengabdi Setan 2: Communion.

Joko mengatakan mereka mencari rusun selama sekitar 4 bulan.

"Masalahnya, kita harus menggunakan rumah susun yang bisa dipakai selama, paling enggak 1,5 bulan. Setengah bulan untuk persiapan, 1 bulan untuk syuting," ujar Joko Anwar seperti dikutip Kompas.com dari kanal YouTube HAHAHA TV, Jumat (5/8/2022).

"Kita cari seluruh Jakarta, mulai dari yang paling timur sampai yang paling barat, sampai ke Jawa Barat, itu enggak ada rumah susun yang bersedia untuk dipakai selama itu," ucap Joko Anwar melanjutkan.

Baca juga: Mengintip Rusun Lokasi Syuting Pengabdi Setan 2: Communion

Menurut Joko Anwar, ada salah satu rusun yang bersedia untuk dipakai. Namun ia harus merelokasi semua penghuni rusun tersebut.

"Paling enggak, kita harus merelokasi ratusan penghuni. Mahal ya... Akhirnya, ketika kita hampir putus asa, aku tanya ke social media, ke Twitter," tutur Joko Anwar.

Ia pun mendapatkan jawaban media sosial. Seorang follower Twitter-nya yang bernama Gabriella memberi tahu bahwa ada rusun terbengkalai.

"Waktu kita ke sana, benar-benar, dari segi bagan ruangnya itu seperti yang ada di skenario. Jadi, itu kita bikin asesmennya, aman atau enggak, kita panggil ahli, dan ternyata aman untuk digunakan. Kita minta izin, kita urus perizinan dan kita pakai untuk syuting," ungkap Joko Anwar.

Baca juga: Rusun Lokasi Syuting Pengabdi Setan 2 Ternyata Dulu Program 1.000 Tower

Belakangan diketahui bahwa rusun itu berlokasi di Jalan Kali Malang Raya, Bintara Jaya, Bekasi Barat, Jawa Barat, atau tepatnya di belakang Pasar Sumer Arta.

Film Pengabdi Setan 2: Communion ditayangkan serentak di bioskop Indonesia mulai 4 Agustus 2022.

Namun sekitar sepekan sebelumnya, tepatnya 30 Juli 2022, sekuel Pengabdi Setan itu dirilis di IMAX.

Baca juga: Disebut Tak Berpenghuni 15 Tahun, Rusun Tempat Syuting Pengabdi Setan 2 Ada yang Tinggali

Pengabdi Setan 2: Communion pun menjadi film pertama dari Indonesia sekaligus Asia Tenggara yang menjalani DMR (Digital Remastering) dengan teknologi IMAX.

Pada Jumat (5/8/2022), Joko Anwar mengumumkan bahwa film Pengabdi Setan 2: Communion sudah disaksikan 701.891 penonton.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Joko Anwar (@jokoanwar)

"Kami hanya bisa mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada teman-teman untuk doa dan supportnya," tulis Joko Anwar seperti dikutip Kompas.com dari akun Instagram-nya.

"Jalan masih panjang. Mudah-mudahan Pengabdi Setan 2 bisa menghibur Indonesia dalam waktu yang lama. Amin. #PengabdiSetan2," lanjut Joko Anwar.

Baca juga: Menyusuri Rusun Lokasi Syuting Pengabdi Setan 2: Communion Lebih Dalam

Sejumlah pemain dari Pengabdi Setan hadir kembali di sekuelnya, yakni Tara Basro, Bront Palarae, Endy Arfian, Nasar Anuz, Egy Fedly, dan Ayu Laksmi, akan kembali memerankan karakter mereka.

Para pemain baru di film Pengabdi Setan 2: Communion itu adalah Muzzaki Ramdhan (Wishu), Fatih Unru (Ari), Ratu Felisha (Tari), Jourdy Pranata (Dino), Kiki Narendra (Ustaz Mahmud), Iqbal Sulaiman (Darto), dan Nazifa Fatiah Rani (Wina).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com