Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/06/2022, 11:56 WIB
Fitri Nursaniyah

Penulis

KOMPAS.com - BTS baru saja merilis video musik "Yet To Come", Jumat (10/6/2022) di kanal YouTube HYBE LABELS.

Pemutaran premier video musik "Yet To Come" terpantau dilihat oleh 4 juta orang sekaligus.

Seiring dengan perilisan video musik "Yet To Come" dan album antologi, Proof, tanda pagar (tagar) #YetToCome, #BTS_Proof, dan #TheMostBeautifulMoment menjadi trending topic Twitter, Jumat.

Video musik "Yet To Come" diproduksi oleh Lumpens, hadirkan nostalgia karya terdahulu BTS selama sembilan tahun berkarya di industri musik.

Baca juga: Dikira Penampakan, Patung Kertas Jin BTS di Apartemen Warga Filipina Ini Buat Tetangga Panik

Hal ini menjadi suguhan emosional bagi ARMY, sebutan untuk penggemar BTS, lantaran mereka diajak mengenang masa lalu.

BTS menghadirkan set video musik karya terdahulu mereka seperti kereta dan taman bermain di "Spring Day", kontainer dan pick up double cabin di "Run", patung Demian di "Blood, Sweat, and Tears", bus sekolah di "No More Dream", hingga kursi-kursi di "Just One Day".

Bukan hanya itu, cara pengambilan gambar, kostum, dan beberapa gerakan yang dilakukan oleh member BTS sama dengan karya-karya terdahulu mereka.

Seperti pada bagian epilog video musik, saat ketujuh member BTS duduk di dalam bus sekolah. Mereka melakukan gerakan yang sama persis dengan video musik "Spring Day".

Baca juga: Berubah Haluan, William dan Bentley Hammington Tak Lagi Jadi Fans BTS tapi Grup Ini

Jungkook yang duduk di kursi belakang, tersenyum sambil melihat member BTS lain di depannya. Selanjutnya J-Hope menepuk tangan Jimin yang sedang melamun.

Video musik "Yet To Come" kemudian diakhiri dengan narasi "The Most Beautiful Moment". Ini merupakan tagline BTS dalam rangkaian karya mereka di seriThe Most Beautifu Moment in Life (HYYH) sejak 2015.

Banyak ARMY terkejut dan emosional melihat "Yet To Come" membawa kembali kenangan idola dan penggemar itu selama bertahun-tahun ke belakang.

"Mereka tidak meninggalkan part penting apa pun di video musik lampau mereka, dan menciptakan antologi yang luar biasa," tulis akun Twitter @vanshiyuk_.

Baca juga: Kang Dong Won Bicara Awal Mula Pertemanannya dengan V BTS

"Momen terbaik di Yet To Come. Mereka kembali ke bus, saat semuanya dimulai. Lagunya memberikan aku perasaan pahit," tulis akun @mysterious_vip.

"Ketika aku melihat bagian ini, aku mulai menangis. Terima kasih sudah menjadi grup yang kuat. BTS! Terlepas dari semua kesulitan yang kalian hadapi, kalian masih berjalan dengan ARMY. Aku selamanya bersyukur menjadi penggemar kalian. Setiap hari adalah momen terbaik dalam hidup, bersamamu," tulis akun @OnlyBangtanPH.

Dikutip dari Soompi, Jumat, BTS baru saja comeback dengan album antologi Proof pada 10 Juni 2022 pukul 1 PM KST atau 11.00 WIB, dengan lagu utama "Yet To Come".

Proof terdiri dari tiga CD di mana di dalamnya terdapat lagu pilihan member BTS dari album terdahulu mereka, ditambah tiga lagu baru yaitu "Yet To Come", "Run BTS", dan "For Youth".

Baca juga: J-Hope BTS Tampil di Lollapalooza

RM, selaku leader BTS, mengaku gugup ketika hendak merilis lagu baru. Ia berharap banyak orang menyukai karya grupnya.

"Proof adalah album spesial yang merangkum Bab 1 dari cerita BTS saat kami menghadapi ulang tahun kesembilan debut kami. Karena fokus dari album ini adalah pesan kami untuk para penggemar yang telah bersama kami selama sembilan tahun terakhir, kami sangat memperhatikan lirik kami," ucap RM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com