Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andrie Bayuajie Tersandung Kasus Narkoba Jelang Konser Kahitna ke-36 Tahun, Carlo Saba: Ini Kepeleset

Kompas.com - 07/06/2022, 13:18 WIB
Baharudin Al Farisi,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gitaris Andrie Bayuajie rupanya tersandung kasus dugaan penyalahgunaan dan kepemilikan narkotika jelang Kahitna menggelar konser ke-36 tahun di Jakarta.

Hal tersebut dijelaskan oleh salah satu vokalis Kahitna, Carlo Saba, yang buka suara soal penangkapan terhadap Andrie Bayuajie.

"Tahun ini kan kami akan mengadakan konser besar di Jakarta, tempatnya masih confidential. Yang pasti, kemungkinan stadion yang besar yang akan kita gunakan untuk konser Kahitna yang ke-36 tahun," ucap Carlo Saba saat ditemui di Gedung Nusantara II DPR RI, Senin (6/6/2022).

Baca juga: Carlo Saba: Keluarga Kahitna Tetap Berikan Dukungan kepada Andrie Bayuajie

Dengan peristiwa Andrie Bayuajie yang tersandung kasus narkoba ini, Carlo Saba dan Kahitna menilai bahwa ini hanyalah terpeleset, bukan jatuh.

"Jadi, di tengah pencapaian kita yang (dibangun sejak) lama, kita juga menjaganya dengan baik, ya saya rasa, teman-teman bilang sih ini terpeleset, bukan jatuh," kata Carlo Saba.

Terlebih, Carlo Saba menuturkan, Kahitna tidak menghakimi Andrie Bayuajie atas tindakannya yang mengonsumsi narkotika golongan IV.

Baca juga: Andrie Bayuajie Tersandung Kasus Narkoba, Kahitna Ganti Gitaris untuk Bahaya (Mantan) Terindah Live Tour

Namun, tetap merangkul agar bisa kembali ke keluarga Kahitna dengan semangat baru.

"Kami tetap menganggap dia sebagai keluarga. Istilahnya, teman yang lagi jatuh sedikit, tapi kita rangkul lagi bersama-sama, untuk kembali dengan keluarga Kahitna," tegas Carlo Saba.

Di sisi lain, Kahitna memutuskan mengganti gitaris Andrie Bayuajie untuk Bahaya (Mantan) Terindah Live Tour selanjutnya dengan additional player.

Baca juga: Andrie Bayuajie Terjerat Kasus Narkoba, Yovie Widianto: yang Kuat dan Tabah

"Dalam waktu sebulan ini, beberapa perform Kahitna diganti additional player. Karena memang Kahitna ini band lengkap, keyboardist-nya dua, ada perkusi, gitar," tutur Carlo Saba.

Bahaya (Mantan) Terindah Live Tour adalah tur konser kolaborasi pemusik Indonesia yakni grup musik Kahitna, penyanyi solo Arsy Widianto, dan Tiara Andini.

Judul konser ini didasarkan dari lagu "Mantan Terindah" (2010) yang dibawakan oleh Kahitna serta "Bahaya" (2021) yang dibawakan oleh Arsy Widianto dan Tiara Andini.

Baca juga: Kronologi Gitaris Kahitna Andrie Bayuajie Ditangkap karena Narkoba

Konser berlangsung di tujuh kota, tiga negara dan dua benua, dimulai pada 27 Mei 2022 di Bandung, Jawa Barat dan berakhir pada Oktober 2022 di Amsterdam, Belanda.

Sebagai informasi, Andrie Bayuajie ditangkap di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, pada Kamis (2/6/2022).

Dari penangkapan itu, polisi menyita 45 butir obat valdimex diazepam yang dibeli sejak 2020 sebanyak 12 kali.

Baca juga: Fakta Penangkapan Gitaris Kahitna, Andrie Bayuajie

Berdasarkan keterangan Andrie Bayuajie, ia menggunakan obat valdimex diazepam sejak 2017 hingga 2018 yang pembeliannya berdasarkan resep dokter.

Namun, pada 2020 hingga 2022, Andrie mengonsumsi obat tersebut tanpa resep dokter yang dibeli secara online.

Sementara itu, berdasarkan tes urine yang dilakukan polisi, Andrie Bayuajie positif benzodiazepine.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com