Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awal Mula Kontroversi Alshad Ahmad hingga Seret Nama Jerome Polin

Kompas.com - 29/04/2022, 20:51 WIB
Fitri Nursaniyah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama Jerome Polin ikut terseret di tengah kontroversi YouTuber Alshad Ahmad.

Hal ini bermula dari komentar Alshad Ahmad terhadap kematian tiga harimau Sumatera di Aceh Timur karena terkena jerat babi hutan.

Kata Alshad, hutan yang seharusnya jadi tempat terbaik bagi satwa liar sedang tidak baik-baik saja. Dia pun mempertanyakan soal harimau peliharaannya yang kerap diminta dilepas ke alam.

"Alam emang tempat terbaik untuk rumah satwa2 seperti ini, tapi skrng hutan kita lagi ga baik2 aja guys," tulis Alshad Ahmad dikutip dari Instagram @alshadahmad.

Baca juga: Profil Alshad Ahmad, YouTuber yang Pelihara Harimau di Rumah

"Masih mau bilang Eshan Jinora Selen lepasin ke alamnya?" tuturnya.

Di saat yang sama, kasus kematian harimau di Aceh Timur ditanggapi oleh dokter hewan pemilik akun Twitter @piyopikavet. Ia menyinggung standar ganda publik terhadap satwa liar.

"Anda marah liat harimau mati dijerat tapi muji2 dan kagum ama influencer piara harimau. Ga paham lg gw. Lo itu problematik," tulisnya dikutip Kompas.com, Jumat (29/4/2022).

Tanggapan dokter hewan itu membelah netizen menjadi dua kubu.

Beberapa membela Alshad Ahmad yang mengklaim punya izin pelihara harimau di rumah, sementara yang lain mengecam tindakan Alshad karena mengurung satwa liar di kandang alih-alih dibebaskan di alam.

Pernyataan Alshad dinilai mendorong orang untuk berpikir bahwa memelihara satwa liar di rumah lebih baik dibanding melepaskannya ke habitatnya.

Alshad juga menuai kontroversi karena konten di YouTube miliknya bersama satwa liar dinilai tidak mengedepankan edukasi konservasi.

Baca juga: Cerita Alshad Ahmad Punya Izin Pelihara 3 Harimau di Rumah...

Hal itu membuat Alshad jadi perbincangan hangat di media sosial Twitter hingga namanya masuk trending topic, Jumat.

Terseretnya Jerome Polin

Di tengah ramainya kecaman publik terhadap tindakan Alshad, nama Jerome Polin ikut terseret mengingat YouTuber yang dikenal dengan konten edukasi itu baru saja melakukan kolaborasi dengan Alshad.

Jerome Polin membawa Waseda Boys, teman-temannya dari Jepang, ke Kota Bandung, Jawa Barat untuk melihat kebun binatang mini di rumah Alshad.

Beberapa hewan peliharaan yang ditunjukkan Alshad Ahmad pada Jerome Polin dan Waseda Boys adalah binturung, rusa, burung unta, hingga harimau putih bernama Selen.

Baca juga: 3 Fakta Lagu Janji Setia dari Tiara Andini, Gandeng Alshad Ahmad di Video Klip

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com