Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 01/05/2022, 14:51 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

KOMPAS.com- Persidangan Johnny Depp dan Amber Heard mengungkap beberapa informasi dan tuduhan baru yang dilontarkan selama hampir setiap hari persidangan.

Gugatan pencemaran nama baik, yang pertama kali diajukan pada 2019, dimulai pada 11 April.

Pengacara Depp menuduh Heard mengarang cerita untuk menjelek-jelekkan mantan suaminya.

Sebaliknya, pengacara Heard menuduh Depp melakukan kekerasan seksual selama pernikahan mereka, di antara klaim lainnya.

Gugatan itu sendiri dimulai hampir enam tahun setelah Heard pertama kali mengajukan gugatan cerai dari Depp, pada 25 Mei 2016, setelah 15 bulan menikah, dengan alasan perbedaan yang tidak dapat didamaikan.

Baca juga: Beri Kesaksian, Johnny Depp Sebut Tak Pernah Memukul Amber Heard

Sebagai bagian dari perceraian mereka, yang diselesaikan pada Januari 2017, Depp diperintahkan untuk membayar Heard 7 juta dolar Amerika (sekitar Rp 100 miliar), yang dia pilih untuk disumbangkan ke beberapa badan amal.

Perdebatan hukum mantan pasangan itu masih jauh dari kesimpulan. Lantas seperti apa rangkuman persidangan kedua bintang tersebut?.

Dasar gugatan dan juga awal perseteruan

Depp pertama kali mengajukan gugatan pencemaran nama baik terhadap Heard pada Maret 2019, sebagai tanggapan atas tulisan opini Heard untuk Washington Post pada Desember 2018 tentang menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga.

Artikel itu sendiri tidak menyebut nama Depp, namun perceraian mereka yang kontroversial pada 2016 telah menjadi berita selama dua tahun sebelumnya.

Dalam gugatan itu, Depp mengklaim bahwa tuduhan pelecehan yang dilakukan Heard terhadapnya adalah "hoax yang teliti."

Baca juga: Di Persidangan Dokter Jelaskan Insiden Putusnya Jari Johnny Depp

Depp menuduh op-ed menyebabkan kerusakan pada karirnya. Dia mengatakan dia dikeluarkan dari Pirates of the Caribbean franchise empat hari setelah op-ed diterbitkan.

Sementara Depp awalnya mengajukan pada 2019, pandemi virus corona berikutnya mendorong kasus itu kembali secara signifikan.

Pernyataan pembuka

Dalam pernyataan pembuka, yang disiarkan di CourtTV, pengacara Heard, Ben Rottenborn, mengklaim bahwa Heard mengalami pelecehan dalam berbagai bentuk, termasuk fisik, emosional dan psikologis.

Judul utama untuk versi online dari op-ed Heard berbunyi "Amber Heard: Saya berbicara menentang kekerasan seksual - dan menghadapi kemarahan budaya kita. Itu harus berubah."

Rottenborn mengklaim bahwa Heard tidak menulis judul itu sendiri, juga tidak diberi persetujuan akhir untuk itu. Namun, pengacara mengatakan judul, "Tragisnya, itu benar."

Perwakilan Depp membantah klaim tersebut dalam sebuah pernyataan kepada ET.

Dalam pernyataan pembukaannya, pengacara Depp, Camille Vasquez, mengulangi tuduhan bahwa Heard mengarang klaimnya untuk meningkatkan karier dan ketenarannya sendiri di tengah puncak Gerakan #MeToo.

Pernyataan awal dari saudara Depp

Adik dan manajer pribadi Depp, Christi Dembrowski adalah orang pertama yang mengambil sikap untuk membantah klaim Heard terhadap Depp.

Menurut Dembrowski, dia menyaksikan Depp disiksa dan disakiti secara fisik oleh ibu mereka, dan mengklaim bahwa Depp bersumpah untuk tidak pernah melakukan kekerasan semacam itu.

Dia juga mengklaim bahwa tidak melihat alasan untuk percaya bahwa Depp berjuang dengan obat-obatan atau penyalahgunaan alkohol.

Baca juga: Kisah Johnny Depp dan Amber Heard Bakal Dibuat Film Dokumenter

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com