Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Jon Batiste, Penyanyi yang Borong 11 Nominasi Grammy Awards 2022

Kompas.com - 04/04/2022, 07:09 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Jonathan Michael Batiste atau Jon Batiste memimpin di Grammy Awards 2022 dengan 11 nominasi.

Dalam tahun yang dipenuhi dengan album-album berbintang dan terkenal dari artis-artis Grammy seperti Kanye West, Taylor Swift, dan Kacey Musgraves, Jon Batiste-lah yang meraih nominasi terbanyak.

Tapi siapa Jon Batiste?

Lahir di Louisiana, Amerika Serikat 35 tahun lalu, Jon dikenal sebagai penyanyi, penulis lagu, musisi yang telah tampil dengan musisi dari berbagai genre.

Baca juga: Lirik Lagu Its All Right dari Jon Batiste, OST Film Soul

Jon merupakan pemimpin band dan direktur musik untuk "The Late Show with Stephen Colbert," posisi yang dipegangnya sejak 2015.

Jangan terkejut dengan 11 nominasi yang diborongnya di Grammy Awards, karena awal tahun ini Batiste juga menerima Academy Award, bersama dengan komposer Trent Reznor dan Atticus Ross, untuk karyanya di film animasi Pixar Soul.

Film, yang dirilis Natal lalu, memiliki struktur musik yang unik, sebuah kombinasi suara dan gaya yang menarik, dan satu tanpa yang lain tidak akan begitu mengesankan.

Itu sudah cukup untuk memenangkan Oscar di musim semi yang lalu, disusul dengan kemenangan di Golden Globe dan BAFTA Film Award.

Dan momentum itu berlanjut dengan nominasi Grammy kali ini.

Soundtrack "Soul"-nya dinominasikan untuk Best Jazz Instrumental Album, salah satu lagu dari album itu dinominasikan untuk Best Improvised Jazz Solo dan soundtrack "Soul" yang lengkap (bersama Reznor dan Ross) dinominasikan untuk Soundtrack Skor Terbaik untuk Media Visual.

Di Grammy Awards 2022 yang baru digelar hari ini Senin (4/4/2022), Jon juga telah meraih kemenangan untuk menang untuk Best American Roots Performance, Best American Roots Song, Best Music Video, dan masih menunggu hasil dari nominasi lainnya.

Lagunya "Freedom" dalam kategori video musik mengalahkan beberapa pesaing tangguh lainnya, antara lain Olivia Rodrigo, Lil Nas X dan Billie Eilish.

Batiste juga diketahui bernyanyi dengan Elmo di episode terbaru Sesame Street.

Dalam pidato kemenangannya di Grammy Awards 2022, Jon mengucap syukur karena dengan kemampuan yang dimiliki bisa membagikan cinta pada orang lain. 

"Saya sangat bersyukur atas karunia yang telah Tuhan berikan kepada saya dan kemampuan untuk membagikannya untuk cinta umat manusia,” kata Batiste.

“Kami hanya ingin semua orang melihatnya. Depresi apa pun, ikatan apa pun, atau kegelapan apa pun yang menyelimuti hidup Anda sepenuhnya terhapus hanya dengan cinta dan kegembiraan dari video tersebut," sambungnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com