Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Momen Heningkan Cipta di Oscar 2022 untuk Solidaritas bagi Rakyat Ukraina

Kompas.com - 28/03/2022, 11:31 WIB
Melvina Tionardus,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang penghargaan Oscar yang digelar di Teater Dolby, Senin (28/3/2022), sempat hening sebentar untuk menunjukkan dukungan kepada rakyat Ukraina.

Sebelumnya, banyak antisipasi mengenai apakah Oscar akan menayangkan video pernyataan dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Namun, tak lama setelah penampilan Reba McEntire "Somehow You Do" dari drama Four Good Days, panggung menjadi gelap dan kalimat muncul di layar.

"Kami ingin mengheningkan cipta sejenak untuk menunjukkan dukungan kami kepada orang-orang di Ukraina yang saat ini yang menghadapi invasi, konflik, dan prasangka di dalam perbatasan mereka sendiri," bunyi kalimat itu, dilansir dari Hollywood Reporter, Senin.

Baca juga: Oscar 2022 Beri Ruang untuk Ukraina, Volodymyr Zelensky Bakal Tampil?

“Sementara film adalah jalan penting bagi kami untuk mengekspresikan kemanusiaan di saat konflik. Kenyataannya jutaan keluarga di Ukraina membutuhkan makanan, perawatan medis, air bersih, dan layanan darurat. Sumber daya langka, dan kita secara kolektif sebagai komunitas global dapat berbuat lebih banyak. Kami meminta Anda untuk mendukung Ukraina dengan cara apapun yang Anda bisa. #StandWithUkraine," akhir dari kalimat itu.

Penampilan McEntire di panggung Oscar sebelumnya diperkenalkan oleh aktris Mila Kunis.

Mila Kunis adalah orang asli Ukraina yang pindah ke Amerika Serikat ketika masih kecil. Ia juga diketahui vokal untuk memberi dukungan bagi pengungsi dari Ukraina.

“Dalam kehancuran seperti itu, mustahil untuk tidak tergerak oleh ketangguhan mereka,” kata Mila Kunis yang juga membintangi Four Good Days.

Baca juga: Mila Kunis dan Suami Galang Dana, Presiden Ukraina Berterima Kasih

"Orang tidak bisa tidak kagum pada mereka yang menemukan kekuatan untuk terus berjuang melalui kegelapan yang tak terbayangkan," lanjut istri Ashton Kutcher itu.

Diketahui, Mila Kunis bersama Ashton Kutcher membuat kampanye GoFundMe untuk membantu pengungsi dan upaya kemanusiaan.

Sejauh ini, mereka telah mengumpulkan lebih dari 35 juta dolar AS dan membuat Volodymyr Zelensky mengucapkan terima kasih secara pribadi.

Baca juga: Mila Kunis dan Ashton Kutcher Galang Dana untuk Pengungsi Ukraina, Target Rp 430 Miliar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com